Drama Musikal JELAJAH Sukses Menghibur Penonton

0
1734
All crew and cast

Drama ini merupakan sebuah karya yang dipersembahkan THREEBUTE

Pada Jumat, 10 Oktober, sebuah drama musikal oleh THREEBUTE yang bertajuk 4 Wanita: “JELAJAH” digelar di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta. Para pemain dalam drama musikal ini sebagian besar sudah Anda kenal. Seperti, Yura Yunita, Amink, Dira Sugandi, Yuyun Arfah, GAC [Gamaliel, Audrey, Cantika], dan Monita Tahalea.

Konsep drama musikal ini serupa dengan karya THREEBUTE pertama yang dengan 4 Wanita -nya, berjudul “Surat-Surat Aryati“. Konsepnya yaitu drama musikal interaktif, penonton akan diajak turut serta menjadi bagian dari cerita.

Kisah JELAJAH diawali dengan duet dialog Amink dan Naura, kakak-beradik yang ingin sekali bertemu dengan ayahnya. Sepakatlah mereka untuk bertanya kepada ibunya yang diperankan Dira Sugandi. Pada awalnya ibu tidak mau membahasnya.

Namun, setelah bertahun-tahun suaminya pergi, ibu sadar mungkin sudah saatnya untuk anak-anak bertemu dengan ayah kandungnya. Perjalanan mereka pun dimulai siang itu dengan bermodalkan satu peta yang ditinggalkan suaminya dulu. Ibu, Amink, dan Naura mengikuti peta itu menggunakan balon udara untuk memulai pencarian yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

Naura, Ibu Dira, Amink
Naura, Ibu Dira, Amink

Amink di sini berperan sebagai seorang kakak yang bertampang lucu dengan sindiran, serta celotehan yang bikin tertawa.

Sedangkan Naura menjadi anak kesayangan, namun kadang ia juga suka meledek kakaknya.

Ibu mereka, Dira, menjadi sosok ibu yang berusaha melindungi anak-anaknya, dan Ia, turut melucu juga.

Petualangan mereka dengan balon udara untuk mencari ayah tercinta dimulai di Pulau Jawa. Di sini Dira menjadi penyanyi lagu-lagu daerahnya seperti, “Cublak-Cublak Suweng”. Kemudian, mereka berkelana lagi dengan balon udaranya ke Pulau Sulawesi. Di sini ada Monita yang menceritakan bahwa ia kenal dengan ayah mereka. Sempat ada rasa curiga dari Amink, Naura dan ibunya, tapi itu disanggah oleh Monita, bahwa mereka hanya sekadar teman. Di sini Monita menyanyikan lagu daerah Sulawesi, seperti “Angin Mamiri.”

Monita dan keluarga Ibu Dira
Monita dan keluarga Ibu Dira

Setelah mendapat informasi dari Monita, keluarga harmonis ini melanjutkan perjalanannya, dan mereka bertemu dengan Yura di Sumatera. Sama dengan yang lainnya, Yura menyanyikan lagu-lagu khas Sumatera seperti, “Sik Sik Sibatumanikam.”

Ternyata di Sumatera, ayah mereka cuma singgah. Mereka diantarkan Yura ke Pulau Kalimantan. Di sana mereka ketemu Cantika, yang bercerita banyak tentang pak Lukman. Di sini, lagu-lagu dari Kalimantan seperti “Ampar-Ampar Pisang”, dinyanyikan Cantika.

Yura dan keluarga Ibu Dira
Yura dan keluarga Ibu Dira

Petualang mereka berakhir di pulau wilayah Timur. Di sana mereka ketemu dengan dua anggota GAC lainnya. Bertiga GAC menyanyikan lagu-lagu daerah yang melahirkan atlet dan penyanyi-penyanyi seru ini, seperti “Rasa Sayange.”

GAC
GAC

Oh iya, penonton menjadi bagian dari cerita ini melalui permainan oper-operan peta pulau yang dikunjungi tadi. Jadi, saat lagu dari daerah di pulau-pulau itu berhenti, penonton akan diberi pertanyaan, bila benar ada hadiah menanti.

Di ujung cerita, sang Ayah yang dirindukan sangat oleh mereka, ternyata ada di antara penonton. Jadi penonton yang memegang kertas bergambar pulau Papua dialah yang menjadi ayah mereka. Suasana kocak pun terjadi, karena sosok ayah yang diingini saat itu lebih dari yang dibayangkan.

Rencananya, Threebute akan membawa lakon yang mereka nyanyikan ini dalam acara pertukaran budaya di luar negeri. « [teks & foto @bartno]

SHARE