Kendalikan Stres dengan Gerakan Yoga Berikut

0
683
ilustrasi olahraga

Bernafas dan kendalikan stress dengan gerakan yoga ringan

Ilustrasi senamBadan terasa sakit, atau bermasalah dengan jam tidur atau pikiran tak tenang? Semua itu akibat Anda terserang stres. Instruktur Yoga asal India, Ritu Baveja, berbagai sedikit pengetahuannya tentang cara meredakan stres atau depresi yang Anda rasakan.

Lewat yoga, gangguan akibat stres bisa ditekan hingga 70 persen. Namun hal yang pertama Anda lakukan adalah mengetahui apa itu stress dan bagaimana cara mengatasinya.

”Stres memang berasal dari berbagai macam hal. Yang akhirnya mengganggu pikiran Anda, sehingga merasa tertekan lalu bagaimana cara mengatasinya?” tanya beliau ketika mengadakan kelas Yoga Manajemen Stres, di Martha Tilaar Salon & Day Spa, Kuningan Jakarta, beberapa waktu lalu.

Kelas yang diikuti oleh pekerja media yang kesemuanya berjenis kelamin perempuan itu pun bingung menjawab pertanyaan dari sang isntruktur yoga. Namun jawabannya sangatlah simple. ”Ketika kita ditimpa sesuatu dan menjadi hal berat, maka tidak ada cara lain selain menerimanya. Berdamai dengan keadaan tersebut,” katanya.

Dengan ketenangan akan membantu Anda mengatasi stres, dan Yoga membantu untuk menekannya. Lalu gerakan yoga seperti apa yang dibutuhkan untuk mengurangi stres? Menurutnya, inti dari yoga bukanlah pada gerakannya, namun pada bagaimana Anda bernafas.

”Bernafas adalah kegiatan yang tak lepas dari kehidupan Anda, namun seringkali tak Anda hiraukan. Padahal dengan bernafas banyak sekali manfaat yang Anda rasakan,” ujarnya.

Dengan bernafas secara teratur, akan membantu sistem dalam tubuh Anda lebih relaks, dan membuat Anda menjadi lebih tenang.

Dengan nafas yang baik, maka sirkulasi udara dalam tubuh akan menjadi lebih baik. Dengan begitu akan mempengaruhi pola pikir Anda dan membantu Anda membuang pengaruh dari pikiran negatif yang Anda rasakan.

Tidak perlu banyak gerakan dan tidak perlu waktu yang lama, dengan ringkas Ritu mengajarkan cara bernafas yang baik. Gerakan ini bisa dilakukan di manapun, di atas kursi atau duduk santai di lantai, semua bisa saja. Anda hanya perlu menarik nafas melalui hidung sambil membuncitkan perut, kemudian menghembuskannya lewat mulut sambil menarik bagian perut ke dalam.

Latihan pernafasan ini pun bertahap. Selanjutnya Anda akan diajarkan menarik nafas dengan hitungan tertentu, teknik ini akan membantu Anda bernafas lebih dalam. Menarik nafas dengan merasakan getaran di pangkal leher Anda. Ketika menarik nafas, Anda seolah sedang mendengkur. Kemudian menghembuskannya dengan kuat namun perlahan melalui hidung.

Tekniknya yaitu, menarik nafas selama empat detik hitungan, kemudian tahan nafas Anda selama empat hitungan, hembuskan selama enam detik hitungna, tahan dua detik sebelum Anda kembali menarik nafas. Teknik ini bisa dilakukan ketika Anda mulai merasa tekanan stres, cukup ulangi teknik bernafas ini selama 10 hingga 15 menit dan Anda akan merasakan dampaknya yaitu menjadi lebih tenang.

Berlanjut ke teknik berikutnya yaitu melatih pernafasan yang seimbang. Selama ini, kita bernafas tanpa memikirkan bagian hidung mana yang bekerja. Padahal, dengan melatih pernafasan secara seimbang juga dapat membantu perbaikan sirkulasi udara dan membuka sistem tubuh menjadi lebih baik lagi.

Sama seperti teknik sebelumnya, hanya saja kali ini telunjuk dan jari tengah tangan kanan Anda diletakkan pada bagian tengah kening. Kemudian tempelkan jari manis pada hidung sebelah kiri dan tempelkan ibu jari pada hidung sebelah kanan. Pertama, tutup lubang hidung bagian kiri dengan jari manis.

Tarik melalui hidung bagian kanan dan hembuskan dari hidung bagian kiri dalam keadaan hidung kanan tertutup ibu jari. Tarik nafas dari hidung bagian kiri, kemudian hembuskan dari hidung bagian kanan, dengan menutup hidung bagian kiri. Dan lakukan berulang, hingga 20 sampai 25 kali gerakan.

Berlanjut ke teknik berikutnya. Kali ini, semua yang mengikuti kelas yoga diminta duduk di atas matras yoga masing-masing. Gerakan yoga tersebut, dapat menguatkan tiga bagian inti dari tubuh Anda, yaitu bagian dada, perut dan punggung Anda. Yoga dengan matras ini terdiri dari beberapa gerakan, termasuk juga gerakan yang dilakukan sambil berbaring. Salah satunya yaitu gerakan yoga seperti ular cobra.

Gerakan cobra ini dilakukan dalam posisi tidur tengkurap, kemudan mengangkan bagian kepala hingga perut dan menahannya hingga beberapa detik. Ini dapat memperkuat otot perut Anda sekaligus dapat mengurangi rasa tertekan, sedih, panik ataupun marah.

Dengan serangkaian gerakan ringan yang dilakukan selama sekitar 50 menit tersebut, Anda dapat mulai membantu diri sendiri untuk mengontrol emosi, sehingga tidak lagi perlu merasakan stres yang dapat mengganggu kegiatan sehari-hari, termasuk kegiatan kantor Anda. « [teks @nandiyanti | foto shutterstock.com]