Fotomu Terpajang di Tiket Masuk Angkor Wat, Kamboja

0
1670

Panasnya Kamboja dan kesan foto di tiket masuk Angkor Wat

Jika Anda berjalan-jalan ke Kamboja, setidaknya ada tiga lokasi yang bisa Anda datangi sebagai destinasi wisata utama di negara monarki konstitusional ini. Pertama, tentunya bisa berkunjung ke Phnom Penh sebagai Ibukota negara, Kawasan Pantai Sihanoukville, dan yang ketiga adalah Kompleks Candi Angkor Wat yang terletak di Propinsi Siem Reap.

Kali ini, salah satu G-Readers akan membagikan pengalamannya ketika pertama kali berkunjung ke kawasan yang dikenal lewat film “Tomb Raider” itu. Natisha, perempuan yang membagikan kisahnya ini, menghabiskan waktu liburan ke Kamboja bersama beberapa temannya, pada Maret 2013.

angkor wat luar

KETIKA SAMPAI DI KAMBOJA, Tisha, begitu ia akrab disapa, langsung menuju ke Kawasan Candi Angkor, di Siem Reap. Kesan pertama yang ia rasakan adalah suhu udara yang ternyata lebih panas dari Indonesia. ”Panas bangeettt. 38 derajat,” katanya kepada Ghiboo

Meski pun panas luar biasa, Tisha pun tetap melanjutkan perjalanannya memasuki kawasan yang katanya memiliki luas hingga 200 kilometer persegi itu. Ini adalah penampakan Kawasan Candi Angkor dari luar.

 *****

gerbang angkor watt

FOTO DI ATAS ini adalah gerbang Angkor Wat. Dan sebelum memasuki kawasan candi yang dibangun pada pertengahan abad ke-12 ini, pengunjung harus membayar tiket masuk, yang terdiri dari beberapa pilihan.

”Ada paket tiket sehari, tiga hari sama satu minggu, kalau nggak salah. Gue sendiri cuma beli yang paket satu hari,” ujarnya. Kejadian unik pun dialaminya ketika hendak membayar tiket. ”Jangan lupa senyum di booth tiket,” pesannya. Kenapa? Karena ternyata setelah membayar tiket seharga 20 dollar, wajah Anda akan diabadikan di lembaran tiket.

 *****

angkor watt 1

SETELAH MEMBAYAR ANDA akan disuruh menunggu. Ketika menunggu, Tisha menyadari di dalam booth ada sebuah kamera kecil, seperti di pemeriksaan imigrasi. Awalnya, ia berpikir kamera itu untuk keperluan dokumentasi penjual tiket. Namun ternyata ketika Anda disuruh menunggu, mereka sedang mengambil foto Anda. 

”Waktu tiket gue dikasih, ternyata itu kamera buat moto, dan foto gue terpampang di tiket. Anjirlah, lebih nista dari foto KTP,” katanya sambil tertawa.

Karena itu, Natisha sekali lagi mengingatkan, jangan lupa senyum ketika di booth pembelian tiket masuk Angkor Wat. Namun, karena ketidaktahuannya, kejadian ini justru menjadi hal yang berkesan untuk Tisha selama mengunjungi Angkor Wat.

 *****

angkor watt

SETELAH BERES DENGAN URUSAN TIKET perjalanan mengelilingi kawasan ini pun dimulai dan dari sekian banyak candi, Tisha mencoba mengabadikan dua candi inti yang banyak dikunjungi wisatawan di sana. Ini adalah foto dari Candi utama di Kawasan Angkor, yaitu Candi Angkor Watt.

Jika dilihat sekilas, seperti Candi Prambanan. Bisa dilihat dari ujung menaranya yang meruncing dan dipenuhi ukuran. Selain itu, lekuk pada bagian arca dan relief candi ini juga mirip dengan candi-candi di Jawa. Menurut sejarah, pembangunan candi ini memakan waktu hingga 30 tahun lamanya.

*****

 

bayon temple angkor watt

SEDANGKAN CANDI BERIKUT INI, merupakan salah satu candi yang berada di Kompleks Candi Angkor, yaitu Candi Bayon. Candi Bayon merupakan candi agung kerajaan Khmer Kuno di Kamboja dan terletak di antara reruntuhan kompleks Ibukota Kerajaan Khmer di Kawasan Angkor Watt.

Pesan bagi Anda yang ingin berkunjung ke Angkor Wat, jangan lupa membawa sun block, sun glasses dan juga topi ya, jika berkunjung di musim panas. Karena, sekali lagi, cuaca di sana jauh lebih panas dari di Indonesia. « [teks @nandiyanti | foto @tishahahaha]

SHARE