Kerja Kita Dianggap Biasa? Berikut Cara Meningkatkannya!

0
347
Ilustrasi kreatif
Ilustrasi kreatif

Meningkatkan performa bisa dibilang self audit

Ilustrasi kreatif

Bagaimana cara untuk meningkatkan performa kita di depan manajemen bila sebelumnya dianggap biasa? – @missochi

Jawab:
Meningkatkan performa bisa dibilang self audit. Performa berkaitan dengan banyak hal terutama cara kerja. Apakah cara kerja kita sudah efisien? Atau cara kerja kita berantakan dan tidak efektif sehingga hasil kerja pun tidak maksimal.

Kemampuan kerja dilihat seberapa sesuai diri kita dengan standar yang ada atau masih di bawah standar. Oleh karena itu perusahaan menyediakan jasa training, counseling, atau coaching. Gunanya untuk menunjang kemampuan karyawan agar target tercapai.

Selain itu, kita harus berusaha bagaimana caranya mempersingkat waktu dalam mengerjakan pekerjaan, lebih efektif dalam bekerja. Meningkatkan kemampuan bisa dilakukan secara formal dari kantor. Bisa juga memperbanyak baca buku yang berhubungan dengan pekerjaan.

Ada 3 level self audit:
» Level pertama: Getting things done, misalnya jadwal pulang kantor jam 5, Anda mengerjakan kerjaan terburu-buru agar dapat pulang jam 5 teng. Tidak peduli bagaimana hasil kerjaan sudah tepat atau belum. Sehinga kualitas hasil kerja kita tidak maksimal.

» Level kedua: Terpaku dengan prosedur. Bekerja sesuai dengan prosedur perusahaan memang baik. Tapi apakah prosedur perusahaan sudah menjawab kebutuhan pekerjaan kita? Ada baiknya kita berpikir lebih kreatif agar hasil kerjaan sesuai dengan kebutuhan kita.

» Level ketiga: Doing the right things. Kita melakukan sesuatu yang benar. Seberapa inisiatif kita dalam bekerja

Jadi, jangan pernah lelah untuk improvisasi kemampuan kita. Dan lihat di level mana kita selama ini dalam melakukan pekerjaan. «[teks @fakhranarana ǀ foto shutterstock.com ]

———–

» Tentang Tag Money & Career: Artikel ini bersumber dari video #careerdoscope di YouTube Hard Rock FM. Penjawabnya adalah Andika Pradipta dan Bernadetta Anjani dari Daily Meaning, organisasi yang membantu para employee untuk meningkatkan kemampuan kerja.  

SHARE