Tata Cara Gunakan Sumpit yang Benar

0
749
cara menggunakan sumpit
cara menggunakan sumpit

Sumpit bukan hanya alat makan, tetapi juga memiliki nilai-nilai tradisi

 

Cara menggunakan sumpit

Menikmati sajian kuliner dengan sumpit [chopstick] kini tak terlalu asing di negara kita. Hal ini disebabkan dengan makin beragamnya bisnis kuliner yang ada.

Restoran yang menyajikan menu masakan Jepang, China, hingga Korea pun kadangkala memaksa G-readers untuk menggunakan alat makan berbentuk batang sama panjang yang umumnya terbuat dari bahan kayu atau bambu.

Ghiboo merangkum chopstick manner sederhana yang bisa diterapkan kala menikmati makan bersama kolega maupun keluarga seperti berikut.

1. Jangan menunjuk dengan sumpit
Sadar atau tidak, obrolan yang semakin seru sembari menikmati ragam menu makanan membuat kita memilih makanan atau bahkan lebih parah menunjuk orang yang sedang makan bersama dengan kita dengan sumpit.

Hindari hal tersebut karena terlihat sangat tidak sopan. Terlebih lagi yang jika Anda tunjuk merupakan warga asing yang fasih menggunakan alat ini, Anda akan dianggap tidak menghormatinya dan akan menyinggung perasaannya.

2. Jangan bermain dengan sumpit
Bosan menunggu pesanan menu datang, tak jarang kita memainkan sumpit dengan menggosokan kedua bilah sumpit, bahkan ada yang memukulkan ke mangkuk maupun meja bagai sedang bermain drum.

Hindari hal tersebut karena akan membuat sumpit patah, dan sadarlah bahwa sumpit yang Anda mainkan akan dipakai untuk memasukan makanan ke dalam mulut Anda.

3. Jangan menusukan sumpit ke makanan
Berbeda dengan garpu yang memang di desain untuk menusuk makanan, sumpit diciptakan sepasang sebagai alat penjepit makanan yang akan diambil atau dimasukan ke dalam mulut bukan dengan menusuknya

Akibat tak terbiasa kita sering mengambil cara gampang dengan menusuk makanan tersebut, berlatihlah mengambil makanan dengan menjepit menggunakan sumpit bukan menusuknya.

4. Jangan letakan sumpit di atas mangkuk nasi dengan posisi berdiri
Posisi sumpit seperti ini dianggap tabu menurut adat dan kepercayaan masyarakat keturunan Tiongkok. Mereka menganggap dengan diletakan seperti itu akan menyerupai hio [dupa] yang kerap digunakan untuk mendoakan arwah orang yang sudah meninggal.

Alangkah lebih baik jika anda meletakan sepasang sumpit tersebut di atas mangkuk baik sebelum digunakan untuk makan maupun sesudahnya. Hal ini akan lebih nyaman dipandang mata dan tidak merusak tata krama menggunakan alat makan yang sudah dipergunakan sejak 5000 tahun silam.

5. Posisi dan kebersihan sumpit terjaga
Percaya atau tidak, mitosnya alat makan peninggalan orang Tiongkok yang dibuat dari bambu dapat menyerap racun yang ada pada makanan yang hendak dimakan. Sumpit biasanya tidak diletakkan begitu saja di atas meja, melainkan di atas serbet, di atas sandaran sumpit atau di atas mangkok yang akan digunakan.

Jadi sebaiknya kebersihan sumpit tetap terjaga contohnya dengan tidak mengambil atau meneruskan makanan untuk orang lain memakai sumpit yang sedang kita gunakan.

Nah G-Readers itulah tatacara penggunaan sumpit. Jika masih terasa sulit menggunakannya, tak perlu sungkan untuk meminta sendok dan garpu sebagai alat makan. «[teks @boyMALI | foto Shutterstock.com]

SHARE