Iman Fattah Garap Live Scoring Movie

0
233
Imam Fattah

“Retrospeksi Sinema Indonesia” sajian dari Iman Fattah n friends

retrospeksi jakarta
“Retrospeksi Sinema Indonesia”, sebuah pertunjukan yang mengkolaborasikan antara Live music scoring & cuplikan adegan-adegan film Indonesia

Sekembalinya Iman Fattah dari San Fransisco, Amerika Serikat, untuk menghadiri silent movie festival, ada hasrat yang ia bawa pulang ke tanah air. Yaitu menghadirkan live movie scoring di Indonesia, sebuah pertunjukan yang menampilkan film seperti umumnya, tetapi dengan suguhan musik langsung. Mirip sebuah pertunjukkan drama musikal dengan orkestranya.

Hasrat itu lalu membawa Iman Fattah ke Sinematek untuk menelusuri materi-materi film yang ia butuhkan. Dari penelusuran di lembaga arsip film itu lahirlah “Retrospeksi Sinema Indonesia”, sebuah pertunjukan yang mengkolaborasikan antara Live music scoring & cuplikan adegan-adegan film Indonesia.

Rencananya “Retrospeksi Sinema Indonesia” akan menjadi sebuah rangkaian acara. Pertunjukkan perdana akan berlangsung di Galeri Indonesia Kaya, Kamis 30 Oktober 2014 mulai 19.00 – 21.00.

Iman Fattah tidak sendirian menggarap pertunjukkan ini, malam itu ia akan berkolaborasi juga dengan Rachman Noor & Asra [Max Havelaar dan Pandai Besi], juga Ridho Slank. Tema yang akan dibawa ke permukaan ialah Retrospeksi Jakarta.

Cuplikan scene film yang menunjukkan Jakarta dari waktu ke waktu akan diiringi oleh permainan live music dari para musisi yang terlibat itu. Setelah pertunjukan berakhir, pengunjung pun akan diajak dalam diskusi seputar film & scoring bersama Adi Surya Abdy selaku pimpinan Sinematek & Iman Fattah selaku musisi yg kerap terlibat produksi movie scoring.

Dengan niat menyuguhkan sajian musik yang berbeda serta keinginan terus menumbuhkan rasa cinta masyarakat terhadap film-film nasional, “Retrospeksi Sinema Indonesia” akan dibebas tiketkan. Alias free!

So, do you still want miss it guys? «[teks: @HaabibOnta | foto dok Imam Fattah]

SHARE