Kemewahan Kopi Asal Negara Romantis Italia

0
14276

Ketika kemewahan kopi lebih dari sekadar hidangan minuman

kopi italia

Jika mendengar negara Italia, G-Readers pastinya akan membayangkan pemandangan kota yang romantis. Italia memang dikenal sebagai salah satu negara romantis, dengan Milan sebagai salah satu kota yang paling banyak diburu wisatawan mancanegara.

Tapi di luar itu, Italia ternyata juga menyimpan banyak cerita tentang pengaruh biji kopi di negara mereka. Mungkin Anda sudah tidak asing dan familiar dengan kopi espresso. Kopi asal Italia itu menjadi kopi unggulan di berbagai macam kedai kopi ternama di dunia. Namun di balik nama espresso, terdapat banyak cerita yang perlu Anda ketahui.

Jika G-Readers ingin berkunjung ke Italia, ada baiknya Anda mengetahui lima fakta di balik biji kopi bagi masyarakat Italia. Sehingga, jika berkunjung ke sana, Anda sudah tak aneh lagi dengan kebiasaan-kebiasaan orang Italia ketika hendak meminum kopi.

1 » Italia pencetus pencampuran dua jenis biji kopi

Dalam acara pembukaan Espresso Italiano Exhibition yang digelar di Pacific Place Jakarta, Ghiboo berkesempatan berbincang dengan sang kurator, Luciano Calosso, dan membicarakan tentang begitu pentingnya kopi bagi masyarakat Italia. “Italia bukan negara penghasil biji kopi, namun kami memiliki kemampuan untuk mengolah biji kopi Robusta dan Arabika, sehingga menghasilkan sebuah kopi yang memiliki cita rasa seperti cokelat, yang sekarang dikenal dengan nama espresso,” kata pria yang juga menjabat sebagai President Colosseum Cultural Association itu.

Mungkin sebagian dari Anda sudah tahu mengenai asal muasal espresso ini. Namun, Luciano menambahkan, kenikmatan yang didapat dari espresso pun tidak bisa sembarang dihasilkan oleh para peracik kopi. “Semua harus dengan takaran yang pas: 7 gram bubuk kopi, dan 25 mililiter air,” katanya, jika Anda ingin merasakan espresso yang berkualitas tinggi.

2 » Italia pun pencetus teknologi mesin kopi

Sama seperti di Indonesia, pada awalnya masyarakat Italia menyajikan kopi hanya dengan menyeduhnya. Membiarkan bubuk menyatu dengan air panas, menunggu bubuknya hingga mengendap baru kemudian diminum. Namun di tahun 1905, warga Italia menemukan sebuah mesin yang mampu membuat kopi dengan cara lebih modern.

”Kemudian ditemukan mesin kopi, yang mampu memisahkan bubuk kopi dan air kopinya. Seiring bertambahnya waktu, pembuatan mesin pun bertambah maju. Hingga dibuatlah mesin yang mampu memproduksi kopi siap minum dalm jumlah yang banyak,” tambah Luciano dengan antusias. Jadi, jika saat ini Anda memiliki mesin kopi di rumah, bisa jadi mesin tersebut buatan Italia.

3 » Kopi bukan sekadar air hitam tapi juga seni

Kekhasan dan kemewahan kopi espresso asal Italia ini juga tak lepas dari mesin pembuatnya. Mesin kopi cetakan Italia dibuat tidak hanya mengutamakan fungsinya. Menurut Luciano, mesin kopi dibuat juga untuk mencerminkan cita rasa yang tinggi pada sisi desainnya. Contohnya saja, pada pembukaan acara tersebut dipamerkan juga sebuah mesin kopi berdesain klasik bernama Victoria Arduino.

Mesin kopi dengan tinggi hampir setengah meter ini berdiri dengan megah di atas sebuah etalase yang disiapkan secara khusus. Mesin ini, dianggap mencerminkan estetika yang apik, sesuai dengan gaya Italia yang klasik dan finishing gold membuatnya semakin bernilai. Mesin kopi seberat 86 kilogram ini merupakan mesin yang digunakan di kafe-kafe besar mulai awal abad ke-20. Dan biasanya, digunakan di tempat-tempat yang sering dikunjungi pada seniman hingga abad ke-21. Hingga kini, Victoria Arduino bukan hanya sebuah mesin, namun juga simbol dari konsep kemewahan dari sebuah kopi. Yang membuat kopi memiliki makna yang lebih luas lagi, bukan hanya sekadar air yang berwarna hitam.

4 » Kopi adalah alasan untuk berkumpul  

Di Italia, kopi sudah dianggap penting sejak tahun 1700-an. Bahkan, seringkali kopi dijadikan alasan untuk berkumpul. ”Mereka, para cendikiawan biasanya mengajak kerabat dan sesama cendikiawan untuk berkumpul dan minum kopi bersama. Padahal setelah bertemu mereka melakukan sebuah diskusi yang cukup serius,” ujar Luciano.

Karena alasan itulah, kopi dianggap menjadi hal yang penting. Karena kopi kerap menjadi penghubung para cendikiawan yang hendak membicarakan hal-hal yang penting. Bukan hanya sekadar obrolan sehari-hari yang bisa dilakukan kapan saja. Hingga kini, kopi tetap menjadi kebanggaan mereka yang lahir dan besar di Italia.

5 » Kopi lebih dari sekadar seni

Jika di atas telah dijelaskan, desain mesin kopi sangat erat dengan seni asal Italia, Luciano kembali menyebutkan bahwa kopi juga bagian dari seni itu sendiri. Di Italia, kopi adalah hidangan yang mewah. Sejak tahun 1700-an, kopi adalah simbol kemewahan yang dinikmati oleh mereka dengan status sosial kelas atas.

Oleh karena itu, kemewahan kopi seringkali dituangkan dalam bentuk lukisan. Dalam pemeran Espresso Italiano Exhibition, juga dipajang beberapa lukisan dengan cangkir berisi kopi di dalamnya. Hal ini sangat berarti bagi mereka yang tinggal di Italia. Dalam satu lukisan juga terdapat seorang wanita tengah membaca koran ditemani dengan secangkir kopi, yang memiliki arti mendalam di Italia. ”Hal ini menandakan terjadi emansipasi wanita di Italia sejak 1910,” ujar Luciano.

Begitu besarnya makna kopi bagi masyarakat Italia. Karena itu juga, mereka akan selalu membanggakan kopi, ketika Anda berkunjung ke sana. Jika Anda merasa kopi Italia harganya terlalu tinggi dibanding kopi yang lain, tentu akan seimbang jika Anda telah memahami makna yang mendalam seperti yang telah dijelaskan dalam lima poin di atas. Dan tak akan melewatkan mencoba kopi espresso langsung dari ’kampung halamannya’. « [teks & foto @nandiyanti]