Bocoran Konsep Konser 10 Tahun Magenta Orchestra

0
4503
Magenta Orchestra

Kemeriahan yang akan disajikan Andi Rianto dan Magenta Orchestra

Magenta Orchestra

Dalam perayaan ulangtahun Magenta yang ke-10, sebagai pimpinan Magenta Orchestra, Andi Rianto dan Management Magenta Orchestra ingin memberikan sebuah penampilan baru. Untuk itu, terwujudlah konser musik dan orkestra film bertajuk MOX yang diselenggarakan di Plenary Hall [JCC] Jakarta, pada 14 November mendatang.

Andi Rianto sebagai music director, sementara Jay Subiyakto peranan dalam konser ini sebagai art director.

Sebagai konduktor Magenta Orchestra, Andi Rianto sudah puluhan kali mengiri konser tunggal penyanyi terkenal Indonesia dan ilustrasi musik film Indonesia. Beberapa artis yang pernah diiringi Andi dan Magenta Orchestra seperti Konser 25 tahun Ruth Sahanaya, Dancing Queen, Sawara Sang Dewi Titi DJ, Konser Harvey Malaiholo Berkarya, Konser Ari Lasso Sang Dewa Cinta, dan Dream of My Heart Be3.

Andi juga mengerjakan ilustrasi musik untuk film Indonesia, seperti Titik Hitam, Biarkan Bintang Menari, Arisan!, 30 Hari Mencari Cinta, Mengejar Matahari, Vina Bilang Cinta, 9 Naga, dan lainnya.

Tentunya dengan pengalaman Andi Rianto yang terbilang sangat banyak, ia akan membuat kemeriahan dan sebuah konser yang megah untuk ulangtahun Magenta Orchestra sendiri. “Sebelumnya, Magenta Orchestra pernah menggelar suatu pertunjukan musik mengiringi adegan film yang dikemas dengan judul Moviechestra. Dalam konser MOX ini, konsep itu akan ditampilkan kembali tentunya dalam bentuk yang lebih sempurna!” ungkap Andi Rianto.

Seperti apa konsep konser ke-10 tahun Magenta Orchestra yang sudah mereka persiapkan dengan matang?

proses persiapan konser MOX dari segi penggarapan musik hingga alasan diberi judul MOX
Andi Rianto: “Saya berniat menyelenggarakan konser, pertunjukan musik berkualitas dan menghibur. Konsep musik akan banyak kejutan dan berbagai jenis musik.”

kesulitan pembuatan dalam segi musik
Andi Rianto: “Kesulitannya…. Adanya tantangan karena mau menyajikan yang baru, yang fresh dan hampir semua teman-teman udah pernah kerjasama sama saya, jadi saya sudah tau karakter masing-masing.”

magenta orkestra

apa yang ingin disajikan dalam MOX
Jay Subiakto: “MOX memiliki konsep untuk menjelaskan kenapa perlunya Indonesia punya banyak orchestra. Kita tau ada banyak sekolah musik yang ada di Indonesia hanya di Jogjakarta dan Solo yang menghasilkan pemain orchestra

Ada pemain string, bass, classic yang banyaknya di pulau Jawa. Dengan Magenta Orchestra kita ingin di setiap daerah di Indonesia punya grup orchestra yang memainkan classic dan pop. Andi Rianto sudah sering menggarap musik, konser penyanyi, film bahkan Andi juga membina artis dan musisi muda, pemain musik maupun penyanyi.”

konsep MOX yang dipersiapkan
Jay Subiakto: “Jadi di konser ini kita akan menghadirkan apa yang sudah dia buat selama 10 tahun ini dalam kemasan yang lebih dari konser musik bukan hanya membawakan lagu.

Dilihat dari deretan penyanyi, ada nama Joe Taslim yang akan digarap dengan sesuatu yang lain begitu juga dengan Be3, mereka tidak akan hanya bernyanyi. Kita mau menunjukan sampai di mana perjalan pop musik Indonesia yg diiringi oleh orchestra.”

konsep stage, tata panggung, dan lighting yang akan disiapkan
Jay Subiakto: Andi akan di-support dengan 83 pemain orchestra. Untuk band ada Slank dan penyanyi lain, Be3 akan ada musical dan BCL akan bermain film. Panggung akan dibuat dengan LED yang akan menampilkan film pendek dan total panggung ada 3, dua panggung di atas balkon kiri-kanan.

Panggung utama orchestra di tengah, kira-kira akan ada 3 level, karena ada adegan BCL, Evans Sanders, dan Joe Taslim. Mereka juga akan melakukan adegan di atas panggung. Lighting akan banyak karena ada 3 panggung yang harus diliput, jadi saya coba menggabungkan musik secara utuh. Audio-nya juga diperhitungkan karena Andi akan bermain secara elektronik dan akustik dengan murni bunyi-bunyian akustik akan muncul.

konsep yang akan ditawarkan yang membuat konser ini akan megah secara konsep bermusik, ide film serta konsep untuk masing-masing artis yang akan ditampilkan
Andi Rianto: Dulu saya sejarahnya belajar film scoring di Berklee College of Musicdi Boston, Amerika Serikat. Selain aransemen musik untuk rekaman juga ilustrasi untuk film.

Impian saya sejak dulu membuat mini short movie, jadi nanti akan shooting dulu baru diputar di panggung dengan musik secara live, terus akan lanjut dengan adegan di atas panggung. Konsepnya masing-masing artis sudah ada. Tapi masih rahasia karena banyak kejutan.

total artis, jumlah lagu, dan durasi konser yang sudah diperkirakan
Andi Rianto: Dengan banyaknya artis pendukung ada sekitar lebih dari 20 lagu, karena nanti saya juga akan banyak medley. Ada sekitar 15 production number, jadi kurang lebih durasi 2 jam. «[teks @abigailpinkan | foto @chrissjee]

SHARE