Celebrity Fact: Presiden Indonesia Ke-7 Joko Widodo

0
322
Jokowi 1
Jokowi

Mengenal gaya hidup sederhana ala Joko Widodo

jokowi

Senin, 20 Oktober 2014, menjadi hari bersejarah bagi Indonesia. Pada hari itu, masyarakat Tanah Air larut dalam kebahagian karena akan memiliki presiden baru, yaitu Joko Widodo a.k.a Jokowi.

Penggemar musik metal itu bersama pasangannya, Jusuf Kalla [JK] sebagai wakil presiden akan dilantik. Diperkirakan rakyat akan berpesta dari Bunderan Hotel Indonesia – Istana Negara.

Ada jajanan gratis pada hari pelantikan Jokowi – JK di sepanjang jalan itu. “Makan gratis sampai habis. Kalau ada yang membayar, itu seharusnya ilegal,” kata koordinator Syukuran Rakyat Salam 3 Jari, Jay Wijayanto, dilansir tempo.co.

Bila bicara sosok Jokowi, ah sepertinya hampir semua rakyat tahu: ia pernah menjabat Walikota Solo dan Gubernur DKI Jakarta. Tidak perlu dikenalkan lagi siapa Jokowi. Namun, entah Anda tahu atau tidak, kami hendak menyajikan beberapa fakta hasil blususkan kami di internet mengenai Jokowi berikut ini.

Bila Anda punya data lain seputar Jokowi, silakan Anda tambahkan!

» Nama panggilan Jokowi merupakan panggilan yang diberikan oleh seorang importir mebel asal Perancis. Saat ia masih bekerja menjadi seorang pengusaha mebel, importir tersebut kerap kali menyebut namanya menjadi Jokowi yang pada akhirnya menjadi lekat sebagai panggilannya.

» Harga cincin pernikahannya seharga Rp 24 ribu. Setelah setahun lulus kuliah, Jokowi memutuskan untuk melanjutkan hubungannya dengan Iriana. Keduanya berpacaran selama 4 tahun. Jokowi bertemu Iriana saat ia masih kuliah di Universitas Gajah Mada, Fakultas Kehutanan semester 3 dan Iriana masih duduk di bangku SMU.

» Hari ulang tahun Jokowi hanya berbeda satu hari dengan hari ulang tahun Jakarta. Jokowi berulang tahun pada tanggal 21 Juni sedangkan hari ulang tahun Jakarta jatuh pada 22 Juni.

» Jokowi memboyong tukang cukurnya yang berasal dari Solo ke Jakarta. Dengan gaya hidupnya yang sederhana, Jokowi tidak suka ke salon. Saat dirinya masih menjabat walikota di Solo, ia mempunyai seorang langganan tukang cukur yang sampai sekarang masih bekerja untuk memangkas rambutnya.

» Jokowi pernah terjaring razia. Jokowi yang tidak suka diiringi oleh para ajudannya saat berjalan-jalan pernah terjaring razia seorang polisi di sebuah kawasan yang berada di Jakarta. Jokowi yang saat itu mengendarai sepeda motornya langsung mengeluarkan surat-surat yang diminta oleh polisi tersebut. Saat mengecek KTP, polisi baru tersadar bahwa yang di razianya adalah Jokowi. Hmm, gimana nih pak polisi?

» Jokowi mengganti ajudannya karena lebih tampan. Karena ajudannya yang lebih gagah dibanding dirinya, ajudannya tersebut sering disangka gubernur dan Jokowi sebagai ajudannya. “Sekali dua kali nggak apa, lama-lama kesel juga. Setelah tiga bulan, langsung saya ganti ajudan saya, sama yang lebih jelek. Habis itu aman, setiap ada tamu, saya disalami duluan hehehehe,” ujar Jokowi.

» Jokowi sering manjat pagar. Karena acara Pemerintah Kota yang diadakan kadang sampai larut malam, pintu rumah dinas Walikota Loji Gandrung ternyata tertutup rapat, padahal ia sudah memencet bel di pagarnya. Bukannya jengkel, ia malah lompat pagar untuk masuk ke dalam rumah dinas. Hal tersebut juga ia lakukan saat ia menonton acara OVJ di Solo. Karena pintu masuk yang penuh sesak dengan penonton, ia melarang ajudannya untuk membuka jalan, ia malah lompat pagar untuk bisa masuk ke stadion.

» Jokowi pernah jadi dukun. Eits, bukan dukun yang dibayangkan dengan kemenyan dan baju hitam-hitam ya. Saat di Solo ia pernah didatangi seorang ibu yang membawa anaknya yang sedang sakit. Ibu itu minta anaknya disembuhkan oleh Jokowi karena anaknya mengigau menyebut nama Jokowi.

Ia pun tak hilang akal, ia membawa masuk anak tersebut dan mengusap kepalanya. Keesokan harinya ia meminta salah satu ajudannya untuk mengecek keadaan anak tersebut yang ternyata sudah sembuh. “Sakti juga saya. Padahal nggak saya apa-apakan,” begitu katanya,

» Jokowi mempunyai kebiasaan untuk makan bersama dalam satu meja bersama ajudan dan supirnya. Menurut salah satu ajudan Jokowi, ia selalu memperlakukan semua ajudannya sebagai keluarga. Istri beserta anak-anak Jokowi pun juga mempunyai kebiasan yang sama.

Bila salah satu ajudannya pergi dari meja karena merasa tidak enak, Jokowi akan marah. “Kami dengan Pak Jokowi maupun dengan  keluarganya kalau pas makan di luar pasti  satu meja. Tidak boleh pisah,” kata salah satu ajudannya.

Jokowi juga mempunyai kebiasan dengan tidak memesan makanan yang sama dengan para karyawannya dengan tujuan untuk saling icip. Sweet ya! [teks @chrissjee/berbagai sumber | foto facebook.com/jokowi]

SHARE