Konser Solidaritas untuk Orangutan

0
4286

Sounds for orangutan, bahwa orangutan juga hidup

Sebuah konser solidaritas untuk orangutan, baru saja digelar, Sabtu, [18/10] di Rolling Stone Cafe, Jakarta. Konser bertajuk “Sounds for Orangutan” itu dihelat untuk meningkatkan kesadaran tentang kelangsungan hidup orangutan sekaligus menggalang dana untuk tempat rehabilitasi. Penggagasnya adalah Centre for Orangutan Protection [COP] dan Orangufriends.

oppie  andarestaBeberapa nama musisi ikut tampil memeriahkan mini konser ini semisal, JFlow, Payung Teduh, Banda Neira, Miskin Porno, Monkey to Millionaire, Oppie Andaresta, dan Earia.

Cantika Adinda Putri –koordinator konser ini– berujar, tahun 2014 merupakan kali ketiga Sounds for Orangutan diselenggarakan. Dan hasil penjualan tiket sepenuhnya akan didonasikan untuk membatu COP membangun Pusat Rehabilitasi Orangutan.

“Fungsi pusat rehabilitasi itu sebagai tempat pelatihan bagi orangutan yang terpisah dari habitatnya agar bisa kembali ke alam liar. Saat ini setidaknya sudah ada 14 orangutan yang sudah bersekolah hutan di COP. Dalam dua atau tiga tahun mendatang mereka bisa kembali lagi ke habitat alaminya,” ungkap dia.

Show solidaritas pertama kali dibuka Earia yang berkiblat ke arah genre britpop. Lalu Oppie Andaresta yang tampil solo dengan gitar kopongnya. Di atas panggung ia sempat menunjukkan kekagetannya bahwa orangutan punya DNA yang 97% sama dengan milik manusia.

“Jadi, orangutan itu bukan monyet. Mereka itu kera,” tutur Oppie Andaresta.

Kerumunan kian merapat ketika duo Rara Sekar dan Ananda Badudu [Banda Neira] perform, lalu membawakan lagu-lagu folk khas mereka.

Lewat pertunjukkan musik, video, dan pameran foto, COP berharap agar orangutan menemukan kebebasan untuk hidup di hutan dan mendorong pemerintah Indonesia agar memberi perlindungan hukum yang jelas kepada mereka.

Sebagai informasi, ada empat jenis kera besar di seluruh dunia. Gorilla, simpanse, orangutan dan bonobo. Tiga diantaranya tersebar di Afrika. Dan hanya orangutan yang ada di Indonesia dan Malaysia. « [teks & foto[email protected]]

SHARE