Loyalitas yang Sebenarnya untuk Menunjang Karier

0
201
sukses di karier
sukses di karier

Loyal terhadap profesi lebih penting…

sukses di karier

Bagaimana loyalitas yang sebenarnya untuk menunjang karier? — @anindaayu

Jawab:
Loyalitas adalah kesetiaan. Jika berbicara tentang loyalitas agak tricky. Karena setiap orang mempunyai definisi loyalitas yang berbeda-beda. Ada yang bilang: “ saya merasa loyal terhadap organisasi karena kerja 7 hari 24 jam.”  Yang lain bilang: “saya loyal terhadap organisasi karena saya sering kerja lembur.”

Berbicara tentang loyalitas tidak hanya kepada organisasi saja. Tapi juga loyalitas terhadap profesi karena kalau fokusnya hanya ke organisasi, orang yang kerja sudah belasan tahun ada aja yang perform-nya tidak maksimal.

Jadi mau kita profesinya sebagai banker, eksekutif, konsultan. Kita harus paham dengan apa yang kita kerjakan pada profesi kita. Bisa menjalankan fungsi kita sebaik mungkin.

Kunci agar kita bisa loyal terhadap profesi yang pertama, alasan kita mengerjakan itu apa? Kita harus tahu alasan kita memilih pekerjaan itu dan apa yang ingin kita hasilkan dari kerjaan kita itu yang paling penting.

Kunci kedua jangan langsung berpikir “kita loyal tidak terhadap organisasi?” Kita mundur satu step dulu kita harus loyal terhadap profesi. Pertanyakan kepada diri Anda apakah Anda sudah yakin dengan apa yang Anda lakukan. Jika sudah yakin dengan apa yang dilakukan apakah Anda melakukan sesuatu yang ekstra atau ala kadarnya.

Karena jika fokus ke profesi maka secara otomatis kita sudah loyal terhadap organisasi. Fokus Anda sudah tidak lagi “saya loyal karena sudah lama kerja di sini.” Tapi Anda sudah berpikir impact apa yang anda hasilkan, Anda memberikan dampak yang baik untuk klien, organisasi dan masyarakat.« [teks @fakhranarana / YouTube Hard Rock FM #Careerdoscope  ǀ foto shutterstock.com]

———–

» Tentang Tag Money & Career: Artikel ini bersumber dari video #careerdoscope di YouTube Hard Rock FM. Penjawabnya adalah Andika Pradipta dan Bernadetta Anjani dari Daily Meaning, organisasi yang membantu para employee untuk meningkatkan kemampuan kerja.

SHARE