Pantai Ora Dulu Sebelum ke Maldives!

0
14084

Berkunjung ke Pantai Ora, The Little Maldives

ora beach resort 1

Mau ke Maladewa atau ke Bora Bora? Pastinya perlu ekstra menabung karena biaya ke sana bisa menguras saldo tabungan Anda. Sambil mengumpulkan uang kedua tempat di atas, bagaimana kalau berkunjung ke pantai yang satu ini.

Namanya Pantai Ora. Sebuah pantai yang terletak di utara Pulau Seram, Maluku Tengah, Desa Saleman, Kecamatan Seram Utara. Para pecinta wisata laut pastinya sudah tidak asing dengan pantai yang satu ini. Meski letaknya lumayan jauh dari pusat kota namun keindahannya pasti akan membayar waktu perjalanan Anda.

Orang menyebutnya sebagai “The Little Maldives”. Karena jika dilihat dari jauh, memang tampak seperti tepian pantai di Maladewa yang dipenuhi over-water cottage. Bedanya, di sini hanya terdapat sebuah cottage mengapung yang berdiri dengan manisnya, dan dalam jumlah yang tidak banyak, yang bernama Ora Beach Resort. Tepatnya hanya terdapat tujuh kamar yang bisa Anda sewa di tempat ini.

Tentunya lingkungan yang masih hijau serta pantai yang bersih tidak akan mengecewakan Anda. Berikut beberapa tips jika Anda ingin berlibur ke Pantai yang mulai naik pamornya ini karena kemiripannya dengan Maldives.

How much:

Sebelum berangkat pastikan Anda telah menyiapkan sejumlah uang untuk beberapa keperluan. Pertama pastikan Anda telah membooking penginapan di Ora Beach Resort. Karena jumlah kamar yang tidak banyak, ada baiknya Anda siapkan jauh-jauh hari.

Lebih baik jika Anda pergi secara berkelompok bersama keluarga atau teman. Karena tentu membuat biaya tidak terlalu berat. Uniknya, di sini harga sewa dihitung per orang. Dan harganya akan berubah sesuai musim. Berkisar mulai $ 100 hingga 150 atau sekitar Rp 1.3 hingga 1.9 juta.

Menurut Indonesia.travel nominal harga tersebut sudah termasuk transportasi dari Pelabuhan Tulehu ke Ora Beach Resort dan makan tiga kali sehari. Satu lagi keuntungan jika datang secara berkelompok yaitu Anda bisa saja mendapat potongan harga alias diskon dari si pemilik cottage.

Satu lagi yang harus disiapkan adalah, bawalah keperluan pribadi Anda dari rumah. Karena di sekitar Ora tidak ada warung yang mampu menyediakan kebutuhan sehari-hari, terutama tak ada jajanan yang bisa dijadikan teman bersantai. Ada baiknya Anda berbelanja sebelum menyebrang ke sini.

How to get there:

Paling pertama adalah siapkan penerbangan ke Bandara Patimura, Ambon. Kemudian lanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Tulehu. Gunakan angkutan umum yang mudah dicari. Sesampainya di Pelabuhan, Anda bisa menggunakan kapal cepat menuju Pelabuhan Amahai [Masohi] dengan ongkos Rp 150.000 untuk VIP dan Rp. 92.000 untuk ekonomi.

Perjalanan menyebrang dengan kapal cepat ini memakan waktu dua jam lamanya. Setibanya di Pelabuhan Amahai, Anda akan membutuhkan dua jam perjalanan lagi menuju Desa Sawai di Kabupaten Maluku Tengah. Selanjutnya Anda hanya perlu tambahan 10 menit untuk sampai ke Pantai Ora.

Atau, jika Anda mau perjalanan lebih mudah bisa menyewa mobil langsung yang ada di Bandara Pattimura Ambon untuk diantarkan menuju Desa Sawai. Namun perjalanan akan memakan waktu yang lebih panjang sekitar satu satu malam, dengan jalan darat melewati
Kabupaten Seram bagian barat dan Kabupaten Maluku Tengah. Harga sewa mobil pun bervariasi tergantung dengan kemampuan Anda menawar.

How to spend the holiday:

Keindahan bawah laut di Pantai Ora tak diragukan, namun sayang belum ada fasilitas yang menunjang di sekitar sana. Bagi yang ingin melakukan snorkeling atau diving bawalah perlengkapan sendiri.

Satu lagi hal yang harus Anda ketahui, bahwa belum tersedianya operator selam di sini. Jadi ada baiknya Anda datang bersama dengan operator jika Anda pemula. Karena Anda harus berhati-hati, di sana banyak lokasi dangkal yang memungkinkan Anda merusak karang dengan kegiatan di dalam air.

Jadi Anda harus memilih lokasi yang lebih dalam lagi. Jika Anda berlibur ke sana, abadikan pemandangan di sana dan beritahu dunia bahwa Indonesia punya pulau yang tak kalah indahnya dengan Maldives! « [teks @nandiyanti | foto Indonesia.travel]