Saran Ketika Anak Merengek Minta Dibelikan Sesuatu

0
228
anak merengek
anak merengek

Tidak semua barang harus dibeli karena rengekan anak

anak merengek

Anak balita jika melihat suatu barang yang menarik biasanya langsung minta dibelikan orangtua. Terkadang orangtua suka tidak tega jika anaknya mulai merengek minta dibelikan. Yang menjadi masalah adalah bagaimana jika tidak dibelikan. Hal ini menjadi dilema buat orangtua bagaimana caranya untuk meyakinkan anak agar tidak beli barang tersebut.

Jika orangtua terus menuruti permintaan anaknya, hal itu akan berdampak negatif buat anak. Anak Anda akan manja. Kita sebagai orangtua terus menghamburkan uang. Jadi bagaimana caranya agar anak tidak terus merengek minta dibelikan barang? Ghiboo akan memberikan beberapa tip untuk mengatasi anak yang merengek minta dibelikan sesuatu:

» Berikan penjelasan mengenai apa itu keinginan dan kebutuhan. Keinginan seperti ingin punya tas baru, mainan, atau permen. Sedangkan kebutuhan seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Jelaskan bahwa kebutuhan harus terpenuhi lebih dahulu dari keinginan.

» Jangan terpengaruh dengan rengekan atau tangisan anak. Ketika pergi berbelanja dengan anak pasti ada saja yang dilihat anak dan minta dibelikan. Ada saatnya kita sebagai orangtua pergi berbelanja sendiri tanpa anak sehingga biaya yang dikeluarkan pun tidak banyak.

» Ketika anak mulai bertambah usia ajarkan anak menabung. Beritahu anak jika ingin membeli sesuatu, sebaiknya dengan uangnya sendiri. Belikan celengan yang menarik untuk anak sehingga dia semangat untuk menabung. Tapi tetap beritahu anak untuk memikirkan barang apa yang lebih penting dibeli, yang bermanfaat untuk jangka panjang.

Jadi, membelikan barang untuk anak wajar saja. Jika ingin menolak permintaan anak, Anda sebagai orangtua harus bisa memberikan alasan yang jelas. Sehingga anak bisa menghargai pendapat orang tua. «[teks @fakhranarana ǀ foto shutterstock.com]

SHARE