Mau Cicipi Kentang dan Cokelat di Belgia?

0
173

Dua makanan ini harus Anda temukan ketika di Belgia

belgian

Berkunjung ke Eropa akan terasa lengkap jika berkunjung ke negara yang satu ini. Negara yang dikenal dengan nama Belgia ini berbatasan dengan Prancis dan Belanda, beribukota di Brussels dan bermata uang Euro.

Jika berkunjung ke sana, Anda pastinya akan disuguhkan dengan pemandangan kastil abad pertengahan dan katedral gothic. Di sana Anda juga bisa berkunjung ke salah satu kota seni yang juga merupakan kota pelabuhan terbesar keempat di dunia bernama Antwerpen.

Negara yang dikenal sebagai negara multikultural ini pun memiliki kota-kota seni populer lainnya seperti Bruges dan Ghent. Selain multikultural, negara ini juga dikenal sebagai negera multibahasa. Tak usah heran jika Anda berkunjung ke sana dan mendapati orang-orang berbicara dalam Bahasa Prancis, Jerman, dan juga Belanda.

Selain menarik dalam sisi budaya, Belgia juga mempunyai sisi unik dalam segi kulinari. Di Belanda, gastronom adalah sebuah seni. Banyak makanan yang bisa Anda nikmati cita rasanya, mulai dari makanan jalanan seperti frites atau wafel dengan aneka topping akan menggoda para wisatawan di sana.

Belum lagi jika Anda penyuka minuman beralkohol, wajib untuk mencicipi bir di Belgia. Anda harus mengunjungi jajaran kafe, menikmati bir khas sambil makanan dari restoran lokal di sana. Di balik segudang makanan yang bisa dijajal di sana, Patrick Hermann, duta besar Belgia mengutarakan setidaknya ada dua hal yang perlu diketahui tentang kuliner Belgia.

Ia menyebutkan dua lah spesial itu adalah kentang dan juga cokelat. Dua hal yang perlu Anda ketahui tentang kentang dan cokelat sebelum ke Belgia yaitu:

Pertama, cokelat Belgia yang dikenal di dunia. Tersohornya cokelat di Belgia dimulai pada tahun 1912 oleh Jean Neuhaus, pendiri ikon Neuhaus Chocolatier. Cokelat Belgia menonjol dari yang lain karena penggunaan produk alami. Bahkan di dunia teknologi didorong saat ini, praline Belgia terus dilakukan dengan tangan dan rasa yang berbeda diciptakan dengan menyesuaikan jumlah gula dan kakao dalam campuran cokelat.

Cokelat sudah seperti keajaiban di Belgia. Anda bisa menemukan cokelat di mana-mana. Dibuat dalam segala bentuk, putih dan hitam. Pembuatan cokelat dicampur dengan susu atau bahkan dengan pisang, teh dan kopi. Anda akan menemukannya sebagai makanan yang unik.

Dan yang kedua, kentang yang berbeda di tiap bagian. Meski kentang yang sama, namun cara penyajiannya tak sama. Misalkan saja di selatan Belgia, kentang disajikan dalam bentuk kentang goreng dicampur dalam satu mangkuk bersama dengan bola daging yang telah diberi bumbu khusus.

Sedang di bagian tengah Belgia, kentang digoreng dan disajikan bersama dengan steak di kafe-kafe sepanjang jalan. Sedang di utara Belgia, kentang disajikan bersama masakan kerang. “Benar-benar lezat dan pengalaman unik mencicipnya,” ujar Hermann. Siapkah Anda mencicipinya? « [teks @nandiyanti | foto Delegasi Uni Eropa]

SHARE