Gaya Hidup Magnet Wisatawan di Eropa

0
13951

Berkunjung ke Eropa berdasar gaya hidup?

praha edit

Untuk pertama kalinya digelar pameran wisata dan budaya Eropa di Indonesia bertajuk “Destination Europe 2014”. Acara yang dibuka pada 18 Oktober lalu, dan berlangsung selama dua hari hingga 19 Oktober 2014 itu berisi beraneka ragam informasi mengenai wisata dan budaya Eropa.

Diadakan di Balai Kartini, Jakarta, penyelenggaraan pameran ini menghadirkan 70 eksibitor dan juga diisi oleh 50 jenis pertunjukan juga acara yang menyediakan program hiburan Eropa untuk semua keluarga.

Kegiatan ini terbagi menjadi pengenalan tarian, band, demo masakan ala Eropa dengan koki Eropa beserta koki asal Indonesia, Bara Pattiradjawane dan mempersembahkan festival kuliner dalam rangka menghadirkan cita rasa Eropa bagi para pengunjungnya.

Demi berlangsungnya acara tersebut, para duta besar pun ikut serta dalam video campaigne yang memperkenalkan Eropa kepada masyarakat Indonesia. Salah satunya dalam sebuah video berdurasi sekitar lima menit yang menampilkan duta besar Uni Eropa, Olof Skoog serta tiga duta besar lainnya yang memberikan sambutannya mengenai diadakannya pameran tersebut.

“Indonesia adalah negara yang begitu fantastis. Sangat banyak tempat untuk dikunjungi dan dilihat, tapi jangan lupa ada juga dunia di luar Indonesia. Saya menyarankan Anda untuk mengunjungi Eropa. Anda bisa naik pesawat di malam hari dan bangun di salah satu kota fantastis di Eropa pagi harinya,” ujar Skoog dalam potongan video campaigne-nya.

Tentu saja banyak orang yang ingin melakukan traveling. Namun begitu banyaknya pilihan destinasi juga menjadi pertanyaan besar bagi mereka yang ingin berkunjung ke sana. Untuk memberikan sedikit gambaran, ketiga duta besar berikut, mungkin bisa membantu menjawab pertanyaan traveler yang bingung menentukan tujuan ke Eropa.

Georg Witschel, Duta Besar Jerman mengungkapkan tujuan wisata berdasarkan dengan selera gaya hidup. Berlin, Ibukota Jerman salah satu yang bisa Anda kunjungi. Bagi yang menyukai musik klasik dan penyuka busana dari yang konservatif hingga paling trendi, ini adalah tempat yang tepat.

Ia juga memberikan referensi pusat perbelanjaan yang bisa Anda kunjungi sesuai dengan kebiasaan dalam keluarganya. ”Istri saya lebih suka Ku’damm dan KaDeWe, di mana bisa menemukan barang-barang kelas atas. S edangkan anak-anak saya lebih suka Prenzlauer Berg dan Kreuzberg di mana bisa menemukan brand pakaian untuk anak muda yang trendi,” ujarnya dalam video yang sama dengan Skoog.

Tak jauh berbeda dengan Duta Besar Jerman, Valerica Epure, Duta Besar Rumania pun menyampaikan hal serupa. Ia menuturkan kelebihan kota Bukares dari segi gaya hidup yang dapat menarik perhatian banyak wisatawan. ”Bukares, Rumania sangat elegan dengan fashion-nya. Banyak budaya, festival, dari musik pop sampai klasik. Banyak juga yang bisa dikunjungi, seperti bangunan kuno,” ungkapnya lewat video Destination Europe 2014.

Bangunan yang ditampilkan dalam video, salah satunya Adalah Cercul Militar National, sebuah restoran dengan bangunan bergaya arsitektur kuno yang terletak di pusat kota.

Epure melanjutkan bahwa Bukares itu seperti Paris kecil. Jika berjalan di Victoria Street, Anda bisa melihat berbagai macam fashion terkini. Melihat apa yang sedang heboh di kalangan anak muda, dan itu adalah hal yang menyenangkan untuk dilihat. Secara garis besar, Bukares memiliki segalanya, kesenangan, kebudayaan, dan petualangan.

Satu lagi Duta Besar Republik Ceko, Tomas Smetanka, tak mau ketinggalan mempromosikan Praha yang dibanggakannya. Gaya hidup orang-orang Praha yang kosmopolitan, ujarnya, akibat banyaknya pengaruh dari utara, selatan, timur dan barat. Gaya hidup beragam di Praha juga dipengaruhi musim yang berbeda.

Praha di musim panas adalah kota yang sangat santai. Orang-orang berkegiatan di luar rumah. Berolahraga dan juga bermain layang-layang di luar rumah. Gadis-gadis memakai dress santai mereka di luar rumah. Namun ketika salju telah turun, Praha berubah seketika menjadi kota yang luar biasa romantis. Tumpukan salju dan pakaian tebal membuat suasan lebih tenang dari biasanya.

Setelah membicarakan gaya hidup Praha yang bervariasi, Smetanka pun membicarakan tujuan destinasi yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya adalah Sungai Vitava. Di sekitar tanggul sungai terdapat banyak bar dan kafe yang bagus, yang biasa dikunjungi anak muda. Namun jika Anda lebih tertarik dengan kegiatan outdoor, Anda bisa mendayung perahu di sungai atau melakukan jogging dan bersepada di trek yang telah di sediakan di sekitaran sungai.

Itulah tiga negara yang dipromosikan dalam video pameran Destination Europe 2014 dari sisi gaya hidup. Jika Anda masih bingung untuk memilih tujuan berlibur di Eropa, masih banyak berbagai tujuan yang bisa Anda pilih sesuai dengan musim ataupun sesuai dengan kulinernya. « [teks @nandiyanti | foto Ist]

SHARE