Menggapai 70 Juta Tangan Indonesia Sehat

0
291

Indonesia Sehat lewat CTPS

Cuci Tangan Pakai Sabun [CTPS] akhir-akhir ini menjadi konsentrasi di bidang kesehatan Indonesia. Berbagai langkah dilakukan untuk menerapkan kebiasaan CTPS tersebut di masyarakat. Oleh karena itu, sekaligus memperingati Global Handwashing Day pada 15 Oktober lalu, Lifebouy berkomitmen untuk mencapai target 70 juta Tangan Indonesia Sehat di tahun 2015.

Senior Brand Manager Lifebuoy Indriani mengungkapkan Lifebuoy hendak mengingatkan kembali pentingnya CTPS sebagai salah satu bagian dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Hal itu dipercaya dapat membantu turunkan tingkat penderita diare dan Infeksi Saluran Pernapasan Akut [ISPA].

“Lifebouy konsisten memperingati Global Handwashing Day sejak 2008 dan ajak semua pihak untuk ingat lagi pentingnya cuci tangan, terutama dengan menggunakan sabun,” ujar wanita yang kerap disapa Indri tersebut, pada press conference Menuju 70 Juta Tangan Indonesia Sehat, beberapa waktu lalu.

Hingga saat ini, Lifebuoy telah capai 58 juta orang yang menerapkan kebiasaan CTPS dalam program Gerakan 21 Hari [G21H]. Sosialisasi pun telah dilakukan di 16 provinsi yang tersebar di seluruh Indonesia dengan sasaran para siswa sekolah dasar dan para ibu PKK. Jumlah ini bertambah dari sebelumnya Lifebuoy hanya mencakup 10 provinsi saja di tahun sebelumnya.

“G21H ini tujuannya adalah untuk menanamkan kebiasaan CTPS ke dalam kehidupan sehari-hari dengan ajak mereka menerapkannya selama 21 hari tanpa henti. Setelahnya, diharapkan CTPS bisa dijadikan kebiasaan bagi masyarakat,” ucap Waila Wisjnu selaku Health, Wellbeing and Nutrition Program Manager Yayasan Unilever Indonesia.

Penerapan CTPS ini telah terbukti turunkan prevalensi balita penderita diare yang tadinya sebesar 9 persen di tahun 2007 menjadi 3,5 persen di tahun 2013. Penerapan CTPS pun mampu mencegah penularan penyakit pada anak dengan sangat efektif, terutama pada anak-anak yang memiliki daya tahan rendah.

Lifebouy pun yakin untuk capai target 70 juta Tangan Indonesia Sehat, ditambah dengan kemitraan dengan pemerintah, LSM dan sektor swasta yang membantu tercapainya target tersebut. Latar belakang visi yang sama mampu meyakinkan segala pihak akan meningkatnya kualitas hidup masyarakat Indonesia, terutama anak.

“Kita optimistis, kita masih ada waktu sampai akhir tahun depan dan sekarang pun kita sudah capai 58 juta. Semoga nanti semakin banyak yang berkontribusi dalam gerakan ini,” tutup Indri. « [teks @retnaningtyas | foto Lifebouy]

SHARE