Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Bermalam di Pulau Sentosa?

0
14037

Biaya yang tinggi di Pulau Sentosa dan destinasi kelas dunia di sana

Sentosa Island

Berlibur ke Singapura akan lengkap jika sedikit menjauh dari pusat kota dan bermain di Pulau Sentosa. Pulau Sentosa merupakan pulau tujuan liburan yang dibagi menjadi beberapa wilayah dengan zona hiburan yang berbeda-beda.

Jika Anda berlibur bersama keluarga dan membawa anak-anak terdapat zona Imbiah Lookout, yang berisi tempat-tempat yang ramah untuk anak-anak. Misalkan saja Anda bisa berkunjung ke Discover of Singapore atau Taman Kupu-kupu. Sedangkan yang ingin menikmati sensasi taman bawah laut bisa berkunjung ke zona Siloso Point.

Sedangkan bagi yang ingin bermain di tepi pantai dan juga menikmati teriknya matahari, disediakan zona khusus pantai untuk beraktifitas. Terakhir, lokasi yang banyak dikunjungi karena banyak lokasi bermain seperti Universal Studio Singapore, yang terletak di zona Resort World Sentosa.

Selain lokasi-lokasi yang disebut di atas, Sentosa memiliki segudang tujuan lainnya. Lapangan golf dan yacht dilepas pantai pun dapat memuaskan hasrat berpetualang serta berlibur Anda. Tempat ini juga seringkali dijadikan tujuan berbulan madu bagi pasangan suami istri dengan menginap di salah satu resor mewahnya.

Sayangnya, Sentosa tercatat sebagai lokasi dengan biaya termahal untuk makan, minum, sewa sepeda, pijat untuk dua orang serta beberapa rincian lainnya, menurut TripIndex. TripIndexIsland Sun 2014 menganalisa 16 tujuan wisata pulau-pulau utama di Asia Tenggara, daftar pulau-pulau tersebut dikumpulkan dengan menggunakan data dari TripAdvisor tentang pulau yang paling sering dicari di wilayah tersebut setahun terakhir dan dari pakar setempat.

Kemudian dari data tersebut dikumpulkan dan dihitung dari konten-konten tertentu di tiap tujuan wisata untuk merepresentasikan biaya wisata satu hari untuk dua orang. Biaya-biaya tersebut dikumpulkan melalui berbagai metode penelitian. Kemudian harga tersebut dikumpulkan dengan mata uang lokal pada periode 18 Agustus 2014 – 24 September 2014 dan dikonversikan ke rupiah tanggal 25 September 2014.

Hasilnya, biaya yang diperlukan untuk menghabiskan liburan selama semalam untuk dua orang ternyata lebih besar dibanding dengan biaya yang dibutuhkan untuk bermalam di Gili Trawangan. Di Gili Trawangan hanya membutuhkan dana sekitar Rp 2.6 juta, sedangkan di Sentosa mencapai tiga kali lipatnya atau sekitar Rp 9.4 juta.

Meski begitu, Sentosa tetap menjadi lokasi yang wajib untuk dikunjungi karena ia memiliki berbagai macam fasilitas kelas dunia untuk para pengunjungnya. Tak heran jika harga yang dibutuhkan lebih besar dibanding lokasi lainnya.

Sebagai salah satu pembuktian Sentosa memiliki tujuan wisata kelas dunia adalah jejeran penghargaan yang pernah diterima pulau yang ada di ujung Singapura itu. Universal Studios Singapore dan S.E.A. Aquarium juga mendapatkan penghargaan Travellers’ Choice Attractions Awards 2014. Masing-masing berada di posisi pertama dan ketujuh di Asia dalam kategori Amusement Parks and Aquariums.

Sebagai pembuktian pelayanan yang baik, Sentosa juga menyediakan transportasi gratis di pulau tersebut dengan Sentosa Bus, Sentosa Express, dan Beach Trams. Karena itu meski memerlukan biaya yang tinggi, tetap banyak pengunjung yang berkunjung, tidak hanya untuk bermain namun juga mencicipi S.E.A Aquarum, Maritime Experiential Museum, dan Adventure Cove Waterpark. « [teks @nandiyanti | foto berbagai sumber]