Lebih Dekat Mengenal Komunitas Aeromodelling

0
497
Cipinang Indah Aeromodelling

Kumpulan para pecinta remote control pesawat model.

Cipinang Indah Aeromodelling
Cipinang Indah Aeromodelling

Aeromodelling sudah bukan hal baru bagi masyarakat Indonesia. Diperkirakan hobi ini sudah ada di tahun Indonesia merdeka [1945] seiring dengan dirintisnya pembuatan pesawat layang.

Para penggemar aeromodelling biasanya diawali ketertarikannya dengan dunia kedirgantaraan. Seolah mereka menjadi pilot sebuah pesawat.

Beragam komunitas sudah terbentuk di Indonesia ini. Salah satunya yang ada di daerah Cipinang Indah, Jakarta Timur. Mereka menamakan dirinya Cipinang Indah Aeromodelling yang selalu berlatih di akhir pekan [Sabtu-Minggu] setiap pagi hingga sore hari. Secara khusus pesawat model yang mereka mainkan adalah helicopter, juga disebut aero helicopter.

Menurut Herman sebagai salah satu anggotanya, untuk memulai hobi ini diperlukan biaya minimal sekitar satu jutaan rupiah hingga puluhan juta rupiah. Dan bila ingin memulai hobi ini, disarankan untuk melakukan simulasi lewat PC, dan software yang bisa dicoba adalah Phoenix atau Real Flight.

Menurut Herman lagi, satu pesawat bisa terbang selama 10 menit dengan menggunakan bahan bakar metanol [0,8 liter] atau baterai isi ulang.

Kalau mau lebih seru, pesawat aeromodelling bisa dipasangkan dengan kamera perekam atau GPS. Dan memang lewat hobi ini, Cipinang Indah Aeromodelling suka diundang untuk mengisi suatu acara, seperti Hobbycon yang berlangsung di Mal Of Indonesia hingga 02 November 2014.

Bila tertarik untuk bergabung dengan komunitas ini, datangi saja lapangan Penabur di Cipinang Indah setiap akhir pekan. « [teks & foto @bartno]

Aksi Aero Helicopter
Aksi Aero Helicopter

 

SHARE