Sementara Ini Tak Ada Pesta Pantai di Thailand

0
15700
koh tao
koh tao

Karena pembunuhan dua turis. Anda harus bersabar untuk kembali berpesta di pantai di Thailand

koh tao

Pantai identik sebagai tempat berlibur dan juga melakukan olahraga air. Tak jarang pantai juga dipilih sebagai tempat berpesta bersama dengan teman atau kerabat. Tapi apa jadinya jika citra pantai tersebut berubah setelah ditemukannya dua tubuh turis asing tak bernyawa akibat pembunuhan?

Itu lah yang terjadi pada pantai di Thailand. Belum lama ini, tepatnya pada 15 September lalu, dua jenazah Hannah Witheridge [23] dan David Miller [24] ditemukan di Pantai Pulau Koh Tao atau yang dikenal dengan Turtle Island. Keduanya diidentifikasi menjadi korban pembunuhan.

Setelah melakukan serangkaian penyidikan, dua pria asal Myanmar telah diadili dan terbukti menjadi pelaku atas tindakan keji tersebut. Akibat pembunuhan itu, pantai di Thailand pun dihantui dengan stempel ketidakamanan.

Oleh karena itu, pihak berwenang setempat memutuskan beberapa larangan di sejumlah pulau untuk mengembalikan citra pantai yang indah dan juga aman di Thailand. Mereka merasa sudah berada di titik perlu membenahi kegiatan yang ada di sekitar pantai-pantai di Thailand.

Chatpong Chatputhi, Gubernur Provinsi Surat Thani mengatakan diberlakukan larangan berpesta di sejumlah pantai di Thailand. Tapi, diberlakukan pengecualian untuk Pesta Bulan Purnama atau Full Moon Party yang biasa diadakan di Pulau Phangan.

Pelarangan ini juga terkait dengan pesta yang sering diadakan di tempat terpencil. Sehingga, seringkali luput dari pengawasan dan perlindungan. Setelah diberlakukannya larangan pesta tersebut, Chatpong mengatakan pihak berwenang di pulau-pulau tersebut telah menurunkan pemberitahuan yang memberitahukan acara pesta di kawasan pantai.

Padahal, pantai di Pulau Koh Tao, tempat terjadinya pembunuhan tersebut adalahpantai yang indah. Bahkan Koh Tao berhasil mendapatkan gelar Asia’s Best Island dari Trip Advisor selama dua tahun berturut-turut. Selain pantai yang jernih dan tenang, pulau ini juga dikenal sebagai spot untuk penyelam pemula. Tak heran jika pulau ini banyak dikunjungi setiap tahunnya.

Pulau yang memiliki luas 21 kilometer persegi itu juga memiliki batu pantai yang besar dan pasir putih yang bersih. Selain itu, kabarnya pulau ini dulunya menjadi tempat favorit kura-kura untuk berkembang biak, karena itu pulau ini bernama Koh Tao atau yang berarti Turtle Island.

Di pantai ini juga seringkali terlihat hiu paus. Waktu terbaik untuk melihat hiu paus di Koh Tao adalah Juli sampai Oktober. Jika Anda ingin menikmati pesta di pantai pulau ini, setidaknya Anda harus bersabar sampai citra pulau ini kembali seperti semula. « [teks @nandiyanti | foto berbagai sumber]