e-Sports Indonesia Siap Berprestasi

0
198

Dunia permainan jangan lagi dipandang sebagai hiburan semata.

Kompetisi e-sports

Siapa yang tidak suka dengan game? Lebih dari rata-rata orang yang menggunakan smartphone mengisi waktu luangnya dengan bermain game.

Kini pilihan bagi para gamer untuk menikmati suatu permainan lewat suatu console atau device pun semakin banyak. Melalui game pula, banyak gamer yang mendulang penghasilan dan prestasi dari hobinya ini. Karena kini, game termasuk dalam kategori olahraga dan disebutnya e-Sports [a.k.a electronic sports].

Seiring perkembangan dunia e-sports di Indonesia berdirilah IeSPA atau Indonesia e-Sports Association yang bertujuan membina dan memajukan olahraga digital di Indonesia. Kementerian Pemuda dan Olahraga [Kemenpora] sebagai pelindung melalui FORMI [Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia].

Nah, salah satu game yang digemari banyak gamer dunia adalah League of Legend [LoL] yang dibuat oleh Garena.

Lewat game tersebut Garena akan membangun ekosistem e-Sport Profesional yang terintegrasi pertama di Indonesia. Konsep terintegrasi ini mencakup 4 hal; karier pemain yang dinamis, turnamen terstruktur, hadiah yang kompetitif, serta penyajian setiap pertandingan melalui streaming profesional.

Sehingga melalui konsep ini, para gamer yang berprestasi bisa mendapatkan hadiah yang menarik. Dan karena LoL dimainkan seluruh gamer di dunia, gamer berkesempatan untuk mewakili negaranya guna berkompetisi di tingkat internasional.

Lalu apa yang dimaksud dengan Ekosistem yang Terintegrasi. Berikut penjelasannya dari Garena.

1. Turnamen yang terstruktur
Adanya turnamen yang terstruktur merupakan salah satu unsur penting dalam kesuksesan e-Sport. Gelaran turnamen LoL pun meliputi beberapa jenjang, dari level amatir [Rookie] sampai dengan tahap profesional dalam skala nasional [Pro League] yang dinamakan League of Legends Garuda Series [LGS].

LGS Season 1 didukung penuh oleh sponsor kami seperti Logitech G, sebagai official gaming partner; Indomog, sebagai official payment partner; serta IeSPA, yang merupakan organisasi e-Sport resmi pemerintah.

Tidak hanya itu, pemenang nasional ini mendapatkan kesempatan untuk berkompetisi secara regional di Asia Tenggara dalam kompetisi bergengsi Garena Premier League [GPL]. Jika berhasil mencapai peringkat teratas dalam GPL, tim tersebut selanjutnya akan mewakili Asia Tenggara dalam “Piala Dunia” LoL, yaitu LoL World Championship. Secara singkat, kami merangkum keseluruhan turnamen tersebut dalam bagan “Road to Worlds“.

2. Hadiah yang kompetitif
Seperti yang tertera di bagan sebelumnya, tentunya unsur penting lain dalam e-Sport adalah hadiah yang kompetitif. Dalam setiap level turnamen, kami mempersiapkan banyak hadiah dari uang tunai hingga beragam hadiah yang menarik. Hadiah ini akan menjadi salah satu motivasi untuk para pemain untuk terus aktif berkompetisi.

3. Perjalanan karier yang dinamis
Dengan adanya turnamen terstruktur dan hadiah kompetitif, kami juga menyediakan langkah karier yang berkembang dan dinamis bagi para atlet e-Sport. Untuk pemenang LGS Season 1 ini, tim pemenang akan diberikan dukungan seperti Gaming House, upah layaknya pegawai setingkat S1, serta training profesional. Semua ini ditujukan agar atlet e-Sport Indonesia dapat berkompetisi dengan level layaknya atlet internasional lainnya. Pada intinya, harapan kami adalah agar mereka dapat membawa harum nama Indonesia secara global.

4. Live streaming profesional
Unsur penting terakhir adalah live streaming. Umumnya, pertandingan LoL seperti pada LGS akan kami sajikan dengan kemasan live streaming yang menarik untuk para peminat e-Sport tanah air. Live streaming ini lengkap dengan komentator pertandingan selayaknya kompetisi olahraga lainnya. Tidak lupa juga dengan channel yang sangat mudah diakses untuk para penonton melalui official YouTube Channel kami di www.youtube.com/LoLIndonesia.

Melalui kegiatan ini, Garena Indonesia berharap e-Sport di Indonesia dapat berkembang ke jenjang yang lebih tinggi dan gamer tanah air juga dapat merasakan kebanggaan tersendiri sebagai bagian dari ekosistem e-Sport di Indonesia. « [teks @bartno | foto Garena]

SHARE