Perbedaan Wi-Fi Gratis di Bandara Asia dan Eropa

0
14170

Baru sampai usai penerbangan, akankah disambut Wi-Fi gratis di bandara?

internet_airport_108155792

Wi-Fi gratis kini sudah menjamur di mana-mana. Ketika traveling, wisatawan Indonesia seringkali memanfaatkan sarana Wi-Fi gratis untuk mengakses internet. Di Asia, Wi-Fi gratis bisa didapati di bandara.

Anda dapat dengan mudah mengakses Wi-Fi gratis di negara-negara Jepang, Korea, Singapura, Taiwan dan Hong Kong. Hampir 70 persen bandara utama di negara Asia lainnya juga menawarkan akses Wi-Fi gratis ke semua penumpang.

Kemudahan lainnya yaitu, Wi-Fi gratis itu bisa digunakan tanpa batas. Bagi Anda yang ingin berbagi cerita perjalanan melalui blog atau sosial media pastinya akan merasa sangat terbantu dengan layanan tersebut.

Sayangnya, bagi orang Indonesia yang ingin berwisata ke Eropa, situasinya mungkin berbeda. Menurut hasil penelitian baru dari Skyscanner, tidak lebih dari 50 persen bandara besar di Eropa menawarkan unlimited Wi-Fi gratis.

Untuk wisatawan yang ingin bepergian ke Eropa setidaknya harus mengetahui batas waktu Wi-Fi gratis yang disediakan oleh bandara-bandara utama bagi wisatawan dan biaya terkait yang harus dibayar setelahnya. Informasi ini memberikan kejelasan tentang penggunaan Wi-Fi oleh wisatawan Indonesia ketika bepergian di kawasan Asia dan internasional ke Eropa.

Sejauh ini hanya 48 persen bandara yang menawarkan akses Wi-Fi gratis tanpa batas di Eropa. Misalnya di Rusia dan Italia. Dua bandara, Tegel Berlin dan Sabiha Gokcen Istanbul, sama sekali tidak memberikan Wi-Fi gratis di bandara dan bahkan Heathrow London, bandara tersibuk di Eropa, hanya memberikan koneksi gratis selama 45 menit untuk wisatawan dan setelah itu wisatawan dikenakan biaya £3 per jam.

Berdasarkan data Skyscanner, destinasi di Asia yang paling banyak dicari oleh wisatawan Indonesia dalam beberapa bulan terakhir adalah Jakarta, Bali dan Singapura. Bali dan Singapura termasuk dalam dua daerah yang menawarkan Wi-Fi gratis tanpa batas.

Sementara pada destinasi di Eropa yang paling terkenal dan banyak diminati oleh wisatawan Indonesia seperti Amsterdam, Paris, Roma dan Frankfurt menawarkan Wi-Fi gratis tanpa batas di bandara mereka.

Tetapi bandara-bandara besar dan utama di London, yang juga merupakan destinasi favorit wisatawan Indonesia, menyediakan waktu yang jauh lebih sedikit untuk mengakses Wi-Fi gratis, seperti misalnya Stansted London hanya menyediakan 1 jam Wi-Fi gratis di bandara, sementara Luton London yang hanya menyediakan 30 menit Wi-Fi secara cuma-cuma.

Jika Anda termasuk wisatawan yang membutuhkan koneksi Wi-Fi, ada baiknya mencari tahu informasi ini sebelum terbang ke negara tujuan. Karena dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa 71 persen wisatawan merasa bahwa Wi-Fi gratis di bandara itu penting atau sangat penting.

Wi-Fi gratis biasanya paling banyak digunakan untuk media sosial, mengecek email, atau hanya untuk mengisi waktu ketika mereka menunggu penerbangan mereka. « [teks @nandiyanti | foto Skyscanner]

SHARE