Jakarta Internasional Guitar Festival Hidupkan Gitar Klasik Lagi

0
8953

Balada gitar klasik yang mulai terlupakan

jigf web revisi2

Indonesia bakal menggelar Jakarta Internasional Guitar Festival [JGIF]. Sebuah festival khusus gitar klasik bertaraf internasional pertama di tanah air. Pemrakarsanya adalah Daniel-Kusumo dari DK Harmony.

Ditemui saat konferensi pers di Hotel Alila, Pecenongan, Jakarta, Daniel merasa prihatin dengan genre gitar klasik yang lambat laun mulai terlupakan. Padahal, Indonesia pernah dikenal sebagai juara gitar klasik di era ’80-an, kenangnya. Maka itu, ia membuat festival gitar klasik ini. Agar genre gitar klasik ini tidak menghilang di Indonesia.

Festival ini akan berlangsung selama empat hari di Hotel Alila, dari 12 November hingga 16 November 2014. Ada empat sesi untuk hajatan perdana kali ini, yaitu kompetisi, konser, masterclass, serta seminar [workshop]. Untuk kompetisi, diikuti 26 peserta dari yang berasal mancanegara. Rusia, Prancis, dan Chile. Sementara kelas masterclass akan diisi Shinichi Fukuda [Jepang]. Dan di sesi seminar, pembuat gitar legendaris asal Italia, Andrea Tacchi akan berbagi ilmu bagaimana membuat gitar yang baik.

Setiap peserta kompetisi diwajibkan membawakan lagu folk asli Nusantara yang sudah dipilih penyelenggara. Seperti “Bubuy Bulan”, “Sarinande”, dan “Ayo Mama”. Hal ini agar bisa sekaligus memperkenalkan lagu asli Indonesia di ranah internasional, terang Daniel.

“Kami juga ingin memberikan pengalaman kepada kepada siapa pun yang belajar gitar klasik agar bisa merasakan festival mancanegara,” terang Daniel yang juga menggeluti dunia gitar klasik.

Festival ini akan  berlangsung mulai jam 9 pagi sampai jam 9 malam. Setiap hari, 26 enam peserta itu akan dieliminasi. Sampai babak final di hari terakhir. Selain itu ada juga musisi internasional yang akan ikut bermain di JIGF nanti. Shinichi Fukuda [Jepang], Grigory Novikov [Rusia], Jeremy Jouve [Prancis], Nutavut Ratanakarn [Thailand], Tomonori Arai [Jepang], Triple Fret [Filipina], Slamet Abdul Sjukur dan Jubing Kristianto [Indonesia]. « [teks[email protected] | foto dok jigf]

SHARE