Berikut Tip Hentikan Anak Bicara Kasar!

0
183
anak kasar cover

Apa saja yang mempengaruhinya?

anak kasar

Pada usia prasekolah, keterampilan bahasa seorang anak sedang berkembang. Anak akan menyerap kata-kata yang dia dengar di sekitarnya. Setelah mendengar kata baru, anak akan menirunya. Yang menjadi masalah adalah anak mendengar kata-kata kasar seperti umpatan, hinaan seperti bodoh, jelek, dan bahasa kasar lainnya.

Semakin parah ketika berumur 3-4 tahun, anak belum memiliki ‘saringan’ untuk membedakan mana kata yang baik dan mana yang buruk. Ketika Anda mendengar anak Anda mulai bicara kasar, jangan diabaikan. Karena anak akan merasa bahwa apa yang ia katakan adalah benar.

Berikut beberapa tip untuk mengatasi anak berbicara kasar:

  • Jangan marah – Sebagai orangtua, sebaiknya Anda tidak langsung membentak atau memarahi anak. Karena jika mereka marah, anak justru semakin sengaja berbicara kasar.
  • Bertanya – Tanyakan kepada anak dari mana ia mendengar kata kasar tersebut. Jika anak Anda menjawab sumbernya dari teve, segera koreksi bahwa perkataan dari teve itu salah. Usahakan agar Anda bisa terus mengawasi anak ketika menonton teve.
  • Jangan tertawa – Ketika mendengar anak Anda bicara kasar. Karena akan membingungkan mereka. Coba katakan kepada anak, “Kita tidak pernah menggunakan kata seperti itu. Mulai dari sekarang jangan bicara seperti itu lagi ya sayang..” Dengan begitu, anak lebih mudah mengerti.
  • Berikan konsekuensi jika anak masih berkata kasar. Contoh “Ibu tidak mau membelikan kamu mainan lagi ya kalau kamu masih bicara kasar.” Anda harus tetap konsisten dengan konsekuensi yang Anda berikan kepada anak.

Semoga dengan tip ini anak Anda berhenti bicara kasar. « [teks @fakhranarana ǀ foto Shutterstock.com]

SHARE