Slank dan Kata Mereka tentang Wanita

0
37829

Slank bicara tentang wanita dan mimpi Bunda Iffet yang belum terwujud

Tiga dekade sudah, Slank berdiri. Melewati dua masa pemerintahan, enam rezim penguasa, dan beberapa generasi silih berganti. Ratusan lagu telah dibuat, beberapa di antaranya bisa menjadi theme song untuk momen-momen hidup yang epik.

Sebut saja “Terlalu Manis”, “Jinna”, atau “Mawar Merah”. Lagu-lagu seputar jatuh cinta yang mambekas. Dan, sebagian lagu dari band yang bermarkas di Jalan Potlot ini memang bercerita soal wanita. Liriknya yang polos, jujur, juga romantis, membuat lagu ciptaan Bimbim, Kaka, Ivanka, Ridho, dan Abdee tak lekang ditempa waktu.

slank 2.Rabu 5 November, Slank menggelar konser premium bertajuk ‘Revolusi Bunga Generasi Wangi. Sebuah konser yang ditujukan untuk mengapresiasi peran wanita dalam kehidupan. Kami berkesempatan untuk ikut nongkrong bersama mereka di Jalan Potlot. Sambil bercerita tentang peran wanita di sekitar Slank. Simak obrolan Editor in Chief @hagihagoromo dan Reporter @HaabibOnta dengan Bimbim, Kaka, Ridho, dan Ivanka berikut ini..

kenapa kalian menggelar konser premium yang ditujukan untuk wanita?
Kaka: karena kehadiran wanita selama ini mengukuhkan eksistensi Slank. Sebagian lagu itu juga terinspirasi karena pengalaman bersama wanita-wanita.

Bimbim: Sekarang kita tanya Kaka, kenapa lo dulu main band, Ka?
Kaka: Ya, buat nyari cewek, hahaha.

 

lalu lagu apa saja yang akan kalian bawakan nanti?
Bimbim: Durasi waktunya itu dua jam, jadi sekitar 20 lagu. Kami nggak cuma akan main lagu, tapi menceritakan sejarah lagunya. Siapa wanita yang dimaksud, momen seperti apa yang dialami, atau kejadiannya di mana. Kami akan bongkar itu semua.

 

ridho dari tadi bengong aja. sejauh apa wanita meracuni kebermusikan lo, dho?
Ridho: Gue main gitar ya biar dapetin cewek. Sama kayak Kaka aja, hahaha. Karena wanita, musik yang gue mainin ada emosinya.

Ivanka: Kalau lagi patah hati, langsung deh mainin blues, hahaha.

 

revolusi bunga. kalo ngomong revolusi ‘kan acuannya itu perubahan cepat. memang apa yang ingin kalian ubah dari wanita?
Bimbim: Kami memang ingin wanita lebih maju ke depan untuk berperan. Karena kalau ada wanita, bawaannya adem. Kalau laki diskusi, bisa berantem. Tapi kalau ada perempuan di situ, ‘kan nggak. Lihat kemarin sesama anggota DPR/MPR ribut. Padahal UU menyebut 30% anggotanya haruslah perempuan. Tapi kurang dari segitu.

 

giliran ivanka deh, seberapa besar peran wanita dalam hidup lo, van?
Ivanka: Wah, gede banget, men. Gue bisa kenal dunia ini karena dibimbing ibu gue. Bisa tau cinta dan kasih sayang, ya karena ibu gue. Bisa sarapan atau makan siang ya karena istri gue. Dalam skup kecil aja, kayak keluarga, wanita sudah berperan banget.

 

kalau buat lo, Ka, apalagi yang ingin kalian persembahkan untuk seorang wanita?
Kaka: Sebetulnya, gue pengin bilang ke semua, betapa penting dan sakti sosok wanita buat hidup lo. Kita percaya banget jika melakukan sesuatu yang jelek kepada seorang perempuan, apapun itu, hidup lo pasti akan susah. Jangan lo remehin wanita karena lo laki. Nggak perlu pakai tangan, dengan kata-kata aja, kita udah bisa menyakiti dia.

Bimbim: Apalagi pas lihat video di YouTube, anak cewek SD dipukulin sama anak laki-laki. Aduh itu banci-banci dari mana? Dari kecil sudah jadi banci. Itu krisis mental dan kita harus merevolusinya.

 

Kaka, menurut lo, wanita itu sosok seperti apa?
Kaka: Hahaha, kadang susah bisa nebak mereka. Padahal, mereka itu logic banget sebenarnya.

 

ada nggak sih hal yang belum berhasil kalian berikan untuk wanita sekitar kalian?
Ridho: Gue ingin wanita di sekitar gue bahagia dengan berusaha menjaga kata-kata gue. Biar nggak ada yang tersakiti.

Kaka: Sampai sekarang gue masih suka meledak-ledak. Gue ingin mengurangi itu terutama untuk perempuan.

Ivanka: Gue akan mengorbankan apapun untuk mereka selama masih hidup. Buat ibu, istri, anak, juga Bunda. Itu juga bagian dari kebahagian gue.

 

Nah Bim, ada nggak sesuatu yang selama ini belum terwujud untuk Bunda Iffet?
Bimbim: Ada sih satu hal dari kecil yang dia inginin. Bunda pengin ke Hawaii. Nah, Slank belum nyangkut ke situ, hahaha. Someday, pasti! « [teks[email protected] | foto[email protected]]

SHARE