Interstellar: Apakah Benar Bumi akan Hancur?

0
302

Satu lagi film fiksi yang digarap sutradara Christopher Nolan

INTERSTELLARDi tangan sutradara yang satu ini [Christopher Nolan], hampir semua film-film karyanya masuk dalam jajaran box office. Karena itu meski durasi Interstellar memakan waktu dua jam lebih, film yang dibintangi pemenang American Cinematheque Award 2014, Matthew McConaughey, wajib ditonton.

Cerita diawali dari keluarga Cooper yang tinggal dalam sebuah lahan pertanian bersama dua anaknya, Murph dan Tom, serta ayahnya, Donald. Saat itu bumi sedang dilanda bencana kekurangan pangan. Karenanya, semua anggaran pemerintah difokuskan untuk memenuhi kebutuhan ini.

Cooper yang bertitel insiyur dan mantan pilot NASA, menemukan kejanggalan di rumahnya yang berawal dari cerita hantu Murph. Tanda aneh itu diterjemahkan Cooper sebagai suatu titik koordinat. Ia pun bergegas menuju titik itu.

Murph yang penasaran ingin tahu apa yang terjadi, menyelinap masuk ke mobil. Cooper terpaksa mengajaknya turut serta dalam ekspedisi ini. Rupanya titik koordinat itu membawa mereka ke sebuah lokasi rahasia milik pemerintah. Dan di sana Cooper bertemu dengan kolega lamanya, Profesor Brand.

Dari penelitiannya selama ini, Prof Brand menjelaskan bahwa bumi akan segera hancur. Karena itu, secara diam-diam mereka mengirimkan astronot ke luar angkasa untuk mencari tempat tinggal baru bagi manusia. Dan ada satu tempat di luar sana yang kini ditempati salah satu tim ekspedisi sebelumnya yaitu Dr. Mann.

Lewat beragam bujukan dan rayuan, Prof Brand berhasil membuat Cooper menjadi pilot selanjutnya, untuk menuju ke tempat di mana Dr. Mann berada. Namun, Murph merasa sedih ditinggalkan ayahnya, ia menolak kepergiannya itu. Tapi Cooper berjanji, ia akan kembali.

Dapatkah G-Readers menerka bagaimana kelanjutannya? Naskah film yang ditulis kakak beradik ini, Jonathan Nolan dan Christopher Nolan berhasil memberikan ending yang di luar dugaan. Juga, ada selipan unsur komedi di sana. Tepukan tangan tanpa perintah di ujung gala premier-nya di Jakarta, membuktikan film ini harus masuk daftar tonton Anda.  « [teks @bartno | foto WB]

Interstellar

Sutradara Christopher Nolan
Penulis naskah  Jonathan Nolan, Christopher Nolan
Pemeran Matthew McConaughey, Anne Hathaway, Jessica Chastain, Michael Caine, Bill Irwin, Ellen Burstyn.
Distributor  Paramount Pictures, Warner Bros. Pictures
Durasi  169 menit
Budget  165 juta dolar Amerika
Rilis  06 November 2014 

SHARE