Kai Kai dan Jai Jai Penghuni Favorit di River Safari

0
955

Bermain dengan Kai Kai dan Jai Jai di River Safari, Singapura

panda 1Berjalan-jalan ke Singapura bersama anak-anak bisa memilih River Safari sebagai salah satu destinasi Anda. River Safari merupakan kebun binatang bertema sungai yang telah beroperasi sejak tahun 2012.

Tempat yang memiliki tagline Asia’s First and Only River-Themed Wildlife Reserve ini sudah mirip seperti akuarium raksasa dengan memamerkan hewan yang khusus hidup di air tawar atau sungai.

Ada pun beberapa hewan darat di tempat ini yang berhabitat di sekitar sungai seperti burung dan buaya. Uniknya, selain dua binatang tersebut, di tempat ini Anda bisa menemui dua panda raksasa yang tinggal dan selalu mencuri perhatian pengunjung di tempat ini.

Kedua panda tersebut bernama Kai Kai dan Jia Jia. Keduanya tinggal di zona bernama The Giant Panda Forest. Lokasi tempat tinggal panda asal China itu berwujud suatu hutan dalam kubah raksasa yang suhunya diatur sedemikian rupa sehingga selalu berada di rentang 18-22 derajat celcius. Suasana lokasinya dibuat serupa dengan tanah panda berasal di dataran tinggi China.

Kai-kai merupakan panda jantan yang periang dan suka berada di luar ruangan dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk bermalas-malas sambil berbaring di sana.

Sementara Jia-jia adalah panda betina yang pendiam dan pemalu. Dia lebih suka berada di dalam kamarnya. Pengunjung bisa melihat aktifitasnya melalui layar yang terhubung dengan sebuah kamera CCTV di dalam kamarnya.

September lalu, kedua hewan yang masuk kategori langka ini baru saja merayakan ulangtahun mereka dan mengadakan sebuah pesta yang melibatkan para pengunjung.

Penyuka panda pasti ingin sekali bermain dari jarak dekat dengan kedua panda ini. Belum lagi tingkah mereka yang selalu berhasil memancing perhatian. Sama seperti panda lainnya, Kai Kai dan Jia Jia gemar sekali makan.

Dalam sebulan, mereka berdua dapat melahap 200 kilogram batang bambu. Selain hobi makan, panda juga sangat gemar tidur. Kai Kai dan Jia Jia dapat tidur sampai 14 jam dalam sehari, jika tidak, mereka akan cepat merasa lelah dan tidak bersemangat. Tinggi badan seekor panda dewasa dapat mencapai 1,8 meter. Berat badan panda jantan dapat mencapai 160 kilogram dan panda betina antara 75-125 kilogram.

Pola makan ini tentu saja membuat tubuh mereka terlihat tambun. Secara visual, bentuk tubuh panda sangat mirip dengan beruang, namun panda hanya berwarna hitam dan putih. Jika Anda penasaran mengapa warna hitam dan putih pada tubuh mereka menambah kesan gemas, para ilmuwan menjelaskannya secara ilmiah. Ilmuwan menduga bahwa warna ini merupakan bentuk kamuflase yang efektif di habitat panda yang berbatu dan bersalju. Bulu panda sangat tebal untuk menjaga agar tubuh mereka tetap hangat.

Bagi penyuka panda, pastikan Anda bisa berfoto dengan kedua panda lucu penghuni River Safari ini. Selain bermain bersama panda, di lokasi ini Anda juga bisa melakukan berbagai eksplorasi di tujuh zona yang tersedia. Zona tersebut antara lain Missisippi River, Congo River, River Nile, Ganges River, Murray River, Mekong River, dan Yangtze River.

Masing-masing river menampilkan hewan dengan habitat yang berasal dari sungai tersebut. Suasana yang ada dibuat mirip dengan lokasi aslinya. Sejak awal memasuki taman ini, pengunjung akan diajak berjalan memutari satu zona ke zona lainnya hingga berakhir di titik awal mereka memulai perjalanan. Keseruan bertambah karena sepanjang perjalanan Anda akan menemukan terowongan air seperti yang ada di Seaworld.

Pada bagian akhir Anda dapat mengarungi sungai dengan kapal sambil menikmati hewan-hewan air tawar yang disebut “River Safari Boat”. Wahana ini mulai dioperasikan sejak akhir 2013 lalu. Jika pergi bersama keluarga, tentunya akan menambah banyak pengetahuan bagi anak-anak terutama untuk mengenal hewan air dan juga mengenal habitat yang dibuat sesuai dengan suasana aslinya. « [teks @nandiyanti | foto FleishmanHillard]

SHARE