Patung Arjuna Wijaya akan Diperindah

0
11843

Sebuah patung karya seniman asal Bali, I Nyoman Nuarta.

Patung Arjuna Wijaya

Patung Arjuna Wijaya yang terletak di jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, yang lebih dikenal dengan sebutan patung kuda, pertama kali diresmikan pada 16 Agustus 1987 oleh Presiden Indonesia Soeharto.

Ide awal patung ini berawal dari Bp. Joop Ave yang saat itu menjabat sebagai Direktur Jendral Pariwisata. Pertama kali dibuat, patung Arjuna Wijaya menggunakan bahan fiber glass. Bahan ini tak mampu bertahan lama, karena itu setelah lebih kurang 10 tahun masanya, bahan pembuatnya diganti dengan tembaga.

Nah, selama waktu itu hingga saat ini, beberapa sarana telah termakan usia sehingga kelayakan fungsinya sudah tidak optimal dan perlu ditata kembali. Karena itu, menurut Ari Bastaman sebagai consultant perawatan dan perbaikan patung ini, mengatakan: “Rangkanya akan diperbaiki dan bayangannya ditambah supaya kesan bergerak itu dapat.”

Pematung I Nyoman Nuarta menambahkan “Penataan kembali air mancur dan patung Arjuna Wijaya bertujuan untuk memberikan bentuk secara utuh dan indah sesuai dengan konsep yang diharapkan, di samping menjaga monumentalitas karya dari patung Arjuna Wijaya yang senantiasa perlu dipelihara dengan baik, dijaga kelayakan fungsi dari semua sarana dan peralatan yang digunakan sehingga tetap dalam keadaan prima.”

Pemugaran dan perawatan area patung Arjuna Wijaya ini hasil kerjasama antara Bank OCBC NISP dan Pemerintahan Provinsi DKI Jakarta.

Menurut Ir. Nandar Sunandar dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Sekretariat Daerah, “Katanya, beberapa hari sebelum tahun baru akan selesai. Dan saya berharap malam tahun baru sudah bisa diresmikan oleh bapak gubernur atau bapak presiden.”

Nantinya, patung Arjuna Wijaya yang berarti Kemenangan Arjuna ini akan menjadi salah satu ikon menarik di Jakarta dan tempat yang menarik untuk fotografi. « [teks & foto @bartno]

SHARE