Mama, Rajinlah Membersihkan Mainan Anak!

0
258
Bersihkan Mainan anak
Bersihkan Mainan anak

Mainan anak yang kotor dapat menimbulkan penyakit

 

Bersihkan Mainan anak

Sebagai bentuk sayang kepada anak, orang tua kerap membelikannya mainan. Beberapa model mainan anak dinilai bagus untuk tumbuh kembang anak. Meski begitu, kebersihan mainan anak juga harus dijadikan prioritas orang tua. Sebaiknya secara berkala, bisa seminggu tiga kali, mainan harus dicuci dan dibersihkan. Tujuannya agar kuman yang menempel di mainan tidak terjangkit ke anak.

Mainan anak dari plastik atau karet bisa Anda cuci dengan cara merendam dan diberi sabun cuci piring yang cair. Lalu keringkan dengan lap bersih. Untuk mainan yang berbahan lembut atau berbulu bisa Anda bawa ke tempat laundry.

Tidak hanya mainan yang perlu dibersihkan, tapi tempat penyimpanan mainan juga perlu dibersihkan. Paling tidak di lap dan dijemur, kemudian diisi lagi mainan. Setelah itu ada yang harus diperhatikan lagi oleh orang tua yaitu, alas main anak. Alas main berguna untuk menghindari dinginnya lantai yang bisa mengakibatkan anak terkena flu.

Jika Anda menggunakan karpet yang cukup rentan untuk menyimpan kotoran dan debu, gunakan mesin penyedot debu minimal 3 kali dalam seminggu. Cuci karpet ke laundry paling tidak 6 bulan sekali.

Jika alas main anak Anda berupa matras, bersihkan dengan menggunakan air hangat dan deterjen dan kemudian dijemur. Kalau keadaan matras sudah tidak bagus, lebih baik diganti yang baru.

Jangan biasakan anak menggigit mainan ya G-Readers. «[ teks @fakhranarana ǀ foto shutterstock ]

SHARE