Belajar Teknologi Secara Menyenangkan di Wild But True

0
548
Robert dan Isabel
Robert dan Isabel

Persembahan dari Discovery Kids

Robert dan Isabel
Robert dan Isabel

Tahukah Anda bahwa teknologi pelapisan hidrofobik-sebuah teknologi yang membuat suatu permukaan menjadi tahan air-berdasarkan binatang apa?

Benar atau salah? Ubur-ubur telah menginspirasi ilmuwan untuk menumbuhkan sel otot yang dapat membantu manusia yang memiliki masalah jantung?

Karena GPS tidak berfungsi di dalam ruangan, ilmuwan mengembangkan aplikasi teknologi mobile baru untuk membantu manusia bernavigasi tanpa menggunakan GPS. Hewan apakah yang menginspirasi teknologi ini?

Desain Kapal selam yang mudah bergerak dan bermanuver meminjam trik hewan apa?

Hewan apa yang harus kita pelajari jika kita ingin menciptakan kendaraan off-road yang hemat energi?

Pertanyaan-pertanyaan itu dapat G-Readers temukan jawabannya di akhir artikel ini. Dan memang manusia belajar dari alam untuk menciptakan teknologi-teknologi yang dapat membantunya. Sistem yang seperti ini disebut biomimicry. Lebih tepatnya, biomimicry adalah sistem yang mengajarkan imitasi dan aplikasi hukum, model, desain, atau elemen alam – biomimicry telah mempermudah teknologi dan juga menginspirasi ciptaan jaman modern.

Robert Irwin, pecinta alam yang merupakan anak bungsu dari mendiang Steve Irwin [The Crocodile Hunter] bersama Isabel Yamazaki, sang kutu buku, akan membeberkan contoh-contoh nyata dari biomimicry di channel Discovery Kids, yang akan debut pada 02 Desember 2014, pukul 16.00 WIB. Tayangan ulang akan disiarkan tiap Sabtu, pukul 08.30 pagi dan 12.30 siang.

Dalam tiap episodenya, mereka mengeksplorasi solusi ampuh yang disediakan alam untuk permasalahan-permasalahan yang ada di alam liar, dan mengungkap bagaimana manusia menggunakan solusi alam tersebut untuk menjaga bumi agar lebih hijau, lebih aman, lebih efisien, dan lebih seru bagi generasi berikutnya.

Duo pembawa acara ini akan dibantu oleh teman digital artificial intelligence yang bernama Giles, yang akan membantu mereka menemukan petunjuk-petunjuk yang akan mengantar mereka ke jawaban-jawaban dari pertanyaan rumit, dan Giles juga akan memperkenalkan mereka dengan para ilmuwan, peneliti, dan pengembang dari seluruh dunia untuk menceritakan lebih jauh mengenai setiap perangkat atau teknologi yang digunakan.

Untuk mengerti lebih jauh mengenai konsep, fitur, dan kemampuan instrinsik di alam liar, Robert dan Isabel juga menciptakan serta berpartisipasi dalam eksperimen-eksperimen yang mengagumkan.

“Banyak hal yang bagus di sana, tapi favorit saya adalah tentang kangguru. Tahukah Anda kangguru bisa melompat sejauh 10 meter. Itu karena mereka menyimpan daya recycle kinetic di kaki mereka, nah cara itu diadaptasi oleh monster truck. Nah di episode itu saya melakukan kegiatan itu seharian dan saya sangat suka,” tutur Robert.

“Ini adalah acara yang bisa ditonton semua keluarga, siapa saja bisa belajar mengenai hal ini, kalian bisa belajar bersama,” kata Terri, ibunda Robert, yang hadir bersama Bindi, anak pertamanya.

Jadi, bersiaplah untuk ikut belajar teknologi dalam petualangan lintas waktu, ruang, ilmu pengetahuan, dan alam di Wild But True!

Oh iya, jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di paragraf awal ada di halaman kedua ya, G-Readers.

1
2
SHARE