Mona Ratuliu dan Nugie Dukung Program Masa Depan Sehat

0
1093
project sunlight

Unilever luncurkan proyek kedua demi membangun generasi sehat

sunlight project

PT. Unilever Indonesia, TBK meluncurkan proyek kedua yang diberi nama dengan Project Sunlight. Proyek ini mengusung tema Dukung Masa Depan Sehat yang mengedepankan gagasan anak untuk menginspirasi masyarakat agar mau melakukan tindakan nyata dalam upaya menciptakan hari esok yang lebih cerah.

Project Sunlight ini merupakan perwujudan dari Unilever Sustainable Living Plan [USLP] yang bertujuan mengajak jutaan orang di seluruh dunia untuk mewujudkan masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak di generasi mendatang, dengan cara menerapkan hidup yang lebih lestari. Proyek ini diberi nama sunlight yang berarti cahaya terang atau diibaratkan sebagai sebuah harapan yang menyala.

Project Sunlight terinspirasi dari lingkungan di sekitar khususnya di Indonesia yang sudah tercemar. Sumber air bersih yang sudah tercampur dengan sampah akan menimbulkan efek penyakit yang berkepanjangan untuk anak-anak di generasi mendatang.

Sebuah fakta mencengangkan yang diperoleh dari UNICEF pada tahun 2013, ribuan anak menderita dan meninggal karena penyakit yang diakibatkan oleh sulitnya mendapatkan akses untuk sanitasi yang layak dan air minum yang bersih dan higienis.

Unilever mengajak seorang siswi SMA berbakat dan sangat peduli terhadap lingkungan yang berambisi untuk menyebarkan kesadaran akan pentingnya kebersihan diri pada anak-anak. Dira Noveriani, seorang gadis yang masih berumur tujuh belas tahun, yang merupakan relawan di sebuah organisasi nirlaba yang menyediakan pendidikan berkualitas untuk anak-anak jalanan di Jakarta.

Dira mengajar matematika dan bahasa Inggris kepada anak-anak jalanan di daerah Jakarta Timur. Tidak hanya itu, Dira juga mengajarkan pengetahuan umum dan mengarahkan anak-anak tentang kebiasaan kebersihan yang layak. Dira juga menyatakan masih banyak orang tua anak-anak yang ternyata masih belum teredukasi tentang kebersihan dan menjadi salah satu kesulitan yang ia hadapi.

“Masih banyak orang tua yang mendukungnya setengah-setengah kayak ngapain mandi dua kali sehari kan buang-buang air atau sudah nggak usah cuci tangan kan sudah bersih. Padahal kan kuman nggak keliatan,” ujar gadis manis yang bersemangat dalam membantu mendidik anak-anak di Indonesia.

Mona Ratuliu juga hadir untuk mendukung Project Sunlight ini dengan ditemani oleh anaknya, Davina [11 tahun], untuk memberitahukan betapa pentingnya melakukan tindakan yang dimulai dari diri sendiri untuk membangun lingkungan yang sehat.

Mona juga membagikan beberapa pengalamannya yang ia rasakan bahwa sanitasi yang tidak layak membuat banyak efek yang berkesinambungan. Dengan adanya project ini, Mona mengaku bahwa ia mulai sadar untuk melakukan tindakan yang tidak merugikan lingkungan yang menurutnya akan lebih efektif apabila dimulai dari diri sendiri,

“Aku salah satu orang yang termasuk suka complain juga tadi. Cuma akhirnya complain nggak berbuah apa-apa ya. Dengan adanya Project Sunlight ini merupakan sebuah wadah buat orang-orang yang ingin berbuat untuk masa depan yang lebih cerah.”

Tidak hanya itu, musisi Indonesia, Nugie, juga berkomentar atas keprihatinnya tentang sanitasi yang masih kurang layak. Ia juga menyatakan bahwa daerah Jakarta dengan pusat perbelanjaan yang banyak juga masih belum mengusung kebersihan yang layak.

Uniknya, Project Sunlight ini sangat memudahkan masyarakat di seluruh dunia khusunya Indonesia dalam ikut berpartisipasi. Dalam websitenya, www.projectsunlight.co.id ada beberapa pilihan yang dapat dilakukan di antaranya adalah menonton tayangan inspirasional yang secara otomatis Unilever akan menyumbang Rp. 100,-

Tidak hanya itu, masyarakat juga bisa ikut  dalam menuliskan ide-ide untuk #brightfuture mengenai bagaimana bisa membuat perubahan dan setiap ide yang ditulis, secara otomatis pula Unilever akan menyumbang Rp. 1.000,-. Uniknya, masyarakat yang mempunyai jiwa sosial yang tinggi bisa ikut langsung menjadi relawan untuk melakukan edukasi kesehatan dan berinterakasi dengan anak-anak sekolah dasar di lima kota besar di Indonesia. Dan Rp 100.000,- pun akan disumbangkan oleh Unilever kepada penyediaan fasilitas sanitasi di Sumba, NTT khususnya Sumba Barat.

Yuk, sama-sama ikut dukung program masa depan sehat agar anak-anak Indonesia terbebas dari penyakit serta bisa menikmati alam Indonesia yang bersih dan sehat. [teks @chrissjee | foto @abigailpinkan]

SHARE