Batasi Asupan Garam pada Anak

0
624
makanan garam

Takaran asupan garam anak berbeda dengan orang dewasa

makanan garam ilus

Sekitar 43 persen garam yang diasup anak berasal dari jenis makanan yang paling sering di konsumsi oleh anak seperti roti, daging, keju, dan nugget . Beberapa dari makanan tersebut memang tidak terasa asin tetapi memiliki kadar sodium yang cukup tinggi.

Tapi anjuran konsumsi garam orang dewasa tidak bisa diterapkan kepada anak. Karena anak memiliki kebutuhan makan yang berbeda dengan orang dewasa. Ileana Arias dari pusat pengendalian dan pencegahan penyakit AS [CDC] mengatakan rata-rata anak berusia 6-18 tahun di Amerika mengasup 3.300 miligram sodium perhari. Jumlah tersebut melebihi asupan yang direkomendasikan yaitu 2.300 miligram sodium perhari.

Tanya Zuckerbot, pakar diet dari Amerika Serikat, memberikan kiat untuk mengurangi garam pada anak sebagai berikut:

1. Masak makanan dengan sedikit garam

Rasa asin dapat membangkitkan nafsu makan. Cukup kurangi 25 persen garam ketika Anda memasak makanan untuk anak. Karena pengurangan 25 persen tidak lah drastis sehingga anak juga tidak sadar.

2. Baca label makanan

Banyak makanan yang tidak terasa asin tapi sodiumnya tinggi seperti kecap. Satu sendok makan kecap mengandung 900 mg sodium. Oleh karena itu teliti lah label makanan dan perhatikan kandungan sodiumnya.

3. Kurangi makanan olahan

Makanan olahan merupakan sumber sodium paling tinggi. Sebaiknya perbanyak sayuran dan buah yang kaya akan serat, vitamin, mineral dan antioksidan.

Peran orang tua sangat penting untuk membatasi asupan garam pada anak. « [teks @fakhranarana ǀ foto Shutterstock ]

SHARE