Indonesia Menari 2014 Tampung Lebih Banyak Peserta

0
430

Gelaran tahunan Galeri Indonesia Kaya persembahan Bakti Budaya Djarum Foundation

Indonesia Menari

Indonesia Menari adalah event tahunan yang mengajak siapa saja untuk ikut kompetisi menari tradisional Indonesia di Grand Indonesia, Jakarta, yang kini memasuki penyelenggaraan keduanya.

Tahun lalu, event Indonesia Menari berhasil menarik sekitar 800-an peserta, melebihi target yang hanya 600 peserta. Dan kini jumlah maksimal peserta dinaikkan menjadi 1.200 orang.

“Kami melihat Indonesia Menari adalah kegiatan positif yang perlu dijalankan secara konsisten setiap tahunnya serta mengajak berbagai jenis elemen masyarakat untuk bergabung dan menari sebagai bentuk nyata kepedulian pada budaya Indonesia khususnya tarian,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Untuk konsep tarian Indonesia Menari 2014, Galeri Indonesia Kaya [GIK] menggandeng Eko Supriyanto, seorang koreografer profesional yang telah menciptakan banyak karya. Ia juga pernah menjadi penari untuk Madonna, dan konsultan tari Lion King yang dipentaskan di Broadway, Amerika.

Eko Supriyanto
Eko Supriyanto

“Saya merasa sangat bangga dipercaya untuk membuat koreografi yang singkat dan simpel. Harapan saya semoga dengan video tutorial tarian ini dapat lebih memperkenalkan seni tari di Indonesia. Sehingga membuat rasa penasaran yang lebih dalam lagi mengenai tari. Seperti apa sih tarian dari Sumatera Barat, Betawi, Bali, dan lain-lain. Juga untuk memberi tahu bahwa Indonesia itu kaya luar biasa, nggak akan pernah habis untuk kita jadikan inspirasi,” ujar Eko kepada media dalam jumpa pers Indonesia Menari di GIK, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Seperti apa tarian yang harus peserta pelajari untuk mengikuti kompetisi Indonesia Menari 2014, dapat dilihat lewat video di bawah ini.

“Tarian ini campuran dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Sumatera Barat, dari ragam Tari Rantak, Tari Piring, dan pasti tadi kalau dikembangin dengan silat bisa lebih bagus lagi. Terus dari Betawi Kicir-Kicir, Maluku, Papua, NTT, dan dari Maluku Utara juga, serta ada hip-hopnya,” jelas Eko mengenai konsep tarian Indonesia Menari 2014 buatannya.

Supaya antusiasme peserta lebih tinggi, Indonesia Menari 2014 menghadirkan Hedi Yunus, Gianti Giadi [pendiri Gigi Art of Dance], dan Chelsea Islan yang akan berbaur dan menari bersama peserta lainnya. Juga, hadiah uang tunai bagi para peserta. Juara 1 akan mendapatkan 20 juta rupiah, juara 2 berhak atas 10 juta rupiah, dan juara tiga mendapatkan 7 juta rupiah.

“Ada juga hadiah untuk juara favorit senilai 5 juta rupiah dan kelompok ter-Indonesia akan mendapatkan 5 juta rupiah. Serta 5 individu terbaik akan mendapatkan hadiah beruapa komputer tablet. Pemenang akan dipilih oleh para juri yang terdiri dari penari profesional dan tim Galeri Indonesia Kaya,” tambah Renitasari.

Bagi yang ingin mendaftar, ada dua kategori peserta yang bisa dipilih. Individu dan kelompok. Untuk kelompok minimum peserta 10 dan maksimum 20 penari. Klik link Indonesia Kaya untuk pendaftarannya.

Kompetisi Indonesia Menari 2014 akan dimulai pukul 13.00 WIB pada Minggu 23 November 2014, di 4 titik di Grand Indonesia Shopping Town, yaitu Ground Floor, Area Fountain Atrium di lantai 3A, lantai 5, dan di depan Galeri Indonesia Kaya di lantai 8. « [teks & foto @bartno]

SHARE