Celebrity Fact: Happy Birthday Calvin Klein!

0
293

Calvin Klein lahir pada 19 November 1942

calvin kleinSemua tentu kenal dengan perancang terkenal Calvin Klein yang desainnya sangat mendunia? Tahukah Anda bahwa Calvin Klein sedang merayakan ulangtahunnya yang ke-71 tahun?

Walaupun image Calvin Klein sebagai perancang pakaian dalam pria dan wanita, Calvin juga merancang jeans dan juga parfum lho! Simak beberapa fakta menarik yang mungkin belum Anda ketahui seputar perancang terkenal yang akhir-akhir ini berkolaborasi bersama model muda, Cara Delevigne.

» Pria bernama asli Calvin Richard Klein ini lahir pada 19 November 1942 di daerah Bronx, New York.

» Mendapatkan passion menjahit dan merancang busana dari neneknya yang merupakan seprang penjahit.

» Calvin lulus sekolah menengah atas pada tahun 1962 di  High School of Art and Design dan FIT [Fashion Institute Technology]

» Menghabiskan 5 tahun untuk menjadi seorang wirausaha dengan berjualan coat sekaligus mendalami desain rancangannya.

» Tahun 1968, teman kecil Calvin bernama Barry Schwartz mendirikan Calvin Klein coat business yang menjual pakaian olahraga untuk pria dan mendapatkan review yang positif dari media serta antusias para masyarakat saat itu. Akhirnya ia merancang dan menjual pakaian untuk wanita di dalam tokonya.

» Hanya dalam 4 tahun, Calvin menjadi seorang milyuner. Ia berhasil meraup keuntungan sampai dengan $4 juta yang pada awalnya hanya meminjam modal $10,000.

» Rahasia di balik keberhasilan bisnisnya adalah advertising. Foto-foto produk Calvin dibuat oleh Bruce Weber yang merupakan fotografer khusus produk yang biasa bekerjasama dengan Ralph Lauren dan Abercrombie + Fitch.

» Mark Wahlberg merupakan model underwear rancangan Calvin Klein yang namanya meroket karena fotonya dalam iklan tersebut. Brooke Shields juga mengawali kariernya sebagai model jeans Calvin Klein saat remaja dan iklannya menjadi kontroverasi sampai stasiun teve menarik iklannya. Walaupun begitu, penjualan jeans yang dibintangi Brooke mendapatkan keuntungan $2juta setiap bulannya.

calvin klein 3
Brooke Shields for Calvin Klein Jeans

» Karena mayoritas model yang digunakan Calvin dalam pemotretan merupakan remaja, banyak kontroversi yang harus ia hadapai. Calvin pernah terseret kasus ‘kiddie porn’ pada tahun 1995.

» Calvin mengubah konsep foto dengan tak menggunakan remaja dengan pose yang seksual untuk iklannya. Tapi, saat ia memutuskan untuk membuat iklan parfumnya, model yang terdapat dalam iklan tersebut, Kate Moss, ternyata menimbulkan kontroversi kembali dengan berpose ‘polos’ dalam iklan. Tapi, penjualan parfumnya sangat menarik daya beli masyarakat, Obsession, Eternity, dan Escape.

» Walaupun konsep iklan jeans dan parfum Calvin banyak dikritik, tapi hasil rancangan Calvin banyak dipuja oleh masyarakat. Terbukti ia memenangkan sebuah penghargaan dari  Coty Award sebanyak tiga kali berturut-turut  pada tahun 1973-1975.

» Putri pertama Calvin Klein bernama Marci Klein merupakan seorang produser televisi yang empat kali memenangkan Emmy Award. Ia adalah sutradara NBC’s Saturday Night Live dan the executive producer for Tina Fey’s 30 Rock.

» Calvin Klein menikah pertama kali pada tahun 1964 dengan wanita bernama Jayne Centre. Sayangnya, pernikahan mereka hanya bertahan sampai 10 tahun. Pada tahun 1986 Calvin menikahi seorang wanita sosialita dan fotografer bernama Kelly Rector yang akhirnya kandas di tengah jalan. Pada tahun 2006 mereka juga bercerai. Dan sampai akhirnya, Calvin menjalin hubungan dengan seorang pria [juga] berusia 21 tahun bernama Nick Gruber. « [teks @chrissjee | foto berbagai sumber]

SHARE