Film Automata: robot pintar pelindung manusia

0
574
automata

Apakah pasukan robot dapat diandalkan untuk membangun bumi?

Bercerita pada tahun 2044, di mana bumi mengalami kehancuran karena radioaktif yang mengakibatkan populasi manusia mulai punah. Pemerintah mewajibkan bagi siapapun yang bertahan hidup untuk membangun sebuah robot bernama Pilgrims, yang bertugas untuk membantu pembangunan bumi dan melindungi manusia.

Robot ini pun dirancang tidak bisa melukai manusia atau pun tidak bisa memperbaiki dirinya sendiri. Namun, ada sesuatu yang dicurigai oleh seorang pria yang bekerja sebagai pengecek keadaan dan asuransi robot bernama, Jacq Vaucan, yang mendapati seorang robot mencuri sebuah baterai dan membakar dirinya sendiri.

Ia curiga bahwa ada seseorang yang memodifikasi robot ini dari jauh secara ilegal. Karena penasaran, ia pun melakukan investigasi dan pencarian seseorang yang dapat memodifikasi robot-robot di desa lain. Tapi, pencarian dan perjalanan ini ternyata membawa petaka yang membahayakan nyawa Jacq serta istrinya yang tengah hamil. Akankah Jacq berhasil menjalankan pekerjaannya serta menyelamatkan keluarganya?

Film garapan Gabe Ibáñez ini sedikit mengingaktkan kita tentang film tentang robot yang diperani oleh Will Smith dalam film berjudul iRobot pada tahun 2004. Namun, jangan khawatir, walaupun film ini terasa tidak asing di mata penonton, cerita didalamnya memiliki perbedaan yang sangat jauh.

Antonio Banderas yang dipercaya untuk menjadi bintang utama sebagai Jacq Vaucan ternyata juga memberikan idenya dalam menjadi produser dalam film Automata.

Uniknya, Antonio Banderas mengadu perannya dengan mantan istrinya, Melanie Griffith yang berpisah pada 18 Juni 2014. Melanie berperan menjadi Dr. Doupre seorang dokter yang dapat membuat robot. Antonio pun ingin membuat konsep unik dalam pembuatan film ini.

Ia tidak mau membuat film dengan ide yang sudah ada, “whether you like it or not, you have to recognize that [what we’ve tried to do with ‘Automata’] tastes different. You take a sip of this wine that we have made, and it is something that comes from American people, not from Hollywood, but the independent America. Otherwise, we’d just be making Coca Cola.”

Sang sutradara, Gabe Ibáñez, pun sangat mengagumi keahlian dan totalitas Antonio sebagai sutradara dengan menyatakan, “Antonio loves movies, he loves to help people around him, he gave me a lot of opportunities. He’s so talented and found so many ways to help on the set.” Apakah G-Readers sudah siap bertemu dengan robot-robot baik nan pintar pelindung manusia? « [teks @chrissjee | foto automata-movie.com]

Automata

Cast Antonio Banderas, Birgitte Hjort Sørensen, Melanie Griffith, Dylan McDermott
Director  Gabe Ibáñez
Producer Antonio Banderas, Sandra Hermida, Danny Lerner, Les Weldon
Duration 109 min

SHARE