Puang Oca, Sensasi Lezatnya Seafood Makassar

0
899

Berpesta seafood cita rasa pulau Celebes

Siapa yang tak kenal Makassar? Kota yang terkenal sebagai surganya bagi para pencinta seafood. Sudah sejak lama kota Makassar terkenal dengan masakan lautnya yang nikmat.

Warisan resep leluhur yang turun temurun tetap terjaga baik sampai sekarang. Namun, Anda tidak perlu jauh-jauh ke kota Makassar untuk dapat menikmati seafood dengan rasa khas Pulau Celebes tersebut.

Anda cukup datang ke salah satu resto yang terletak di kawasan Senayan, yaitu Puang Oca. Restoran yang telah berdiri sejak dua tahun yang lalu tersebut menjual berbagai macam seafood dengan bumbu khas Makassar.

Puang Oca - Acar Tuing-tuing

Seafood yang ditawarkan memang sama dengan seafood yang lainnya. Namun, jangan salah. Bumbu yang memang khusus didatangkan dari Makassar tersebut mampu menggoyang lidah Anda. Seperti menu pertama yang dihidangkan, yaitu kepiting asap.

Saat baru dihidangkan, tampilan kepiting tersebut sangat biasa, hanya kepiting yang terbungkus daun pisang. Namun, saat Anda dekati dan membuka bungkusan daun pisang, kepulan asap sangat kental aroma dari bumbu yang menusuk hidung Anda dan seketika membangkitkan selera makan. Membuat Anda tidak sabar untuk segera membedah kepiting tersebut.

Ketika membuka cangkang yang melindungi daging kepiting, Anda akan melihat putih dan lembutnya daging kepiting yang berasal dari Papua tersebut. Bumbu khas Makassar yang kental rasa rempahnya semakin menambah nikmat daging kepiting yang lembut. Semakin nikmat jika disantap dengan menggunakan nasi hangat.

Tak hanya sampai di situ, Puang Oca juga menawarkan menu kerang yang tidak kalah nikmatnya. Salah satu andalannya adalah Kerang Tiga Rasa.

Kerang Tiga Rasa adalah sajian kerang dengan menggunakan jenis kerang dara. Yang membuat nikmat dari sajian ini adalah sambalnya yang memiliki tiga rasa yang berbeda yang dapat menggoyang indera pengecap Anda.

Yang unik dari menu yang ditawarkan Puang Oca adalah menu Acar Tuing-tuing. Menu yang satu ini adalah telur ikan yang dibumbu acar dengan timun dan cabe. Rasanya sangat segar karena perpaduan antara manis dan asam.

Puang Oca - Es Palu Butung

Tak hanya makanan, Puang Oca pun juga menawarkan minuman yang cukup populer di Makassar, yaitu Es Palu Butung. Sebenarnya dari rasa dan tampilan, Es Palu Butung hampir sama dengan es campur. Yang membedakan adalah pisang.

Es Palu Butung khas Makassar berisi pisang dan mutiara yang diberi es serut dan disiram sirup dan susu kental manis. Rasanya cukup menyegarkan tenggorokan Anda.

So, G-Readers, ingin berpesta seafood dengan citarasa khas Makassar? Anda harus datang ke Restoran Puang Oca yang terletak di Jalan Gelora, Lapangan Tembak Perbakin Senayan, Jakarta Pusat [Sebelah Hotel Mulia]. « [teks @ratihwinanti | foto @bagusdimsum]

SHARE