Kota di Indonesia dengan kecelakaan lalu lintas terendah

0
845

Pengguna jalan cenderung aman di kota ini.

Berwisata di tempat yang aman dan nyaman pastinya akan membuat jalan-jalan Anda menjadi begitu menyenangkan. Nah, dengan mengetahui kota-kota mana saja di Indonesia yang memiliki road safety terbaik melalui kompetisi IRSA [Indonesia Road Safety Award], bisa menjadi rekomendasi Anda untuk mendapatkan liburan yang menyenangkan selanjutnya.

IRSA merupakan program yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan penerapan sistem keselamatan di jalan raya yang khususnya ditujukan bagi pemerintah daerah setingkat kabupaten dan kota.

Program IRSA ini diadakan dengan memberikan penghargaan terhadap kota atau kabupaten terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan di jalan yang berawal dari kampanye ‘I Wanna Get Home Safely [IWGHS]’ yang dimiliki Adira Insurance dalam berkontribusi untuk menekan tingkat kecelakaan di jalan.

Di tahun 2014 ini, ada 38 kota/kabupaten yang telah mendaftar dan tiga kota/kabupaten rekomendasi. Jadi total pesertanya mencapai 41 kota/kabupaten, dengan dibagi menjadi tiga kategori, Kota Sedang, Kota Besar, dan Kota Metropolitan.

Selanjutnya dilakukan penilaian terhadap kota atau kabupaten terhadap hal road safety management berdasarkan 5 pilar road safety yang diterapkan oleh WHO yaitu,

  • Manajemen Keselamatan Jalan [Safer Management]
  • Jalan yang Berkeselamatan [Safer Road]
  • Kendaraan yang Berkeselamatan [Safer Vehicle]
  • Perilaku Pengguna Jalan yang Berkeselamatan [Safer User]
  • Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan [Post-Crash Response]

Kecelakaan Lalu LintasSetelah seleksi pertama selesai, didapatkanlah 15 kota/kabupaten. Selanjutnya ke-15 kota/kabupaten ini dinilai dewan juri siapa yang harus disurvei dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti jumlah kecelakaan, jumlah korban meninggal, jumlah penduduk, perbandingan jumlah penduduk dengan jumlah korban meninggal, serta berbagai pertimbangan lainnya yang relevan. Dari tahap ini, ditetapkanlah 10 kota/kabupaten yang lolos ke tahap survei dan penjurian.

Kemudian ke-10 finalis tersebut diundang untuk melaukan presentasi di hadapan dewan juri selama kurang lebih 30 menit, untuk memaparkan kondisi keselamatan jalan raya di kota masing-masing.

Juri IRSA 2014 yang terdiri dari, Ketua Dewan Juri Drs. Darmaningtyas [Manajemen Transportasi Indonesia], Ir. Iskandar Abubakar [Ketua Global Road Safety Partnership Indonesia], Kombes Pol Drs. Unggul Sedyantoro, M.Si [Korlantas Polri], Andria Muharami Fitra, ST, M.Eng, Sc [Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat], Eddy Gunawan ATD, Meng. SC [Kementerian Perhubungan], Dail Umamil Asri, ST, M.Eng [Kementerian PPN/BAPPENAS], Ahmad Zainudin, S.Sos [Kementerian PPN/BAPPENAS], dr.Sorta Rosniuli, M.Sc [Kementerian Kesehatan], dan Resti Dwi Hasriani, SKM [Kementerian Kesehatan], telah menetapkan pemenang kota/kabupaten dengan penerapan tata kelola keselamatan di jalan yang terbaik. Pemenangnya adalah:

Kota Metropolitan

Juara Umum Kota Tangerang
Juara Safer User Kota Tangerang
Juara Safer Management Kabupaten Sleman
Juara Safer Road Kota Tangerang
Juara Safer Vehicle Kota Tangerang
Juara Post-Crash Response Kota Bekasi

Kota Besar

Juara Umum Kota Balikpapan
Juara Safer User Kota Balikpapan
Juara Safer Management Kota Balikpapan
Juara Safer Road Kota Balikpapan
Juara Safer Vehicle Kota Balikpapan
Juara Post-Crash Response Kota Balikpapan

Kota Sedang

Juara Umum Kota Probolinggo
Juara Safer User Kota Jogjakarta
Juara Safer Management Kota Probolinggo
Juara Safer Road Kota Probolinggo
Juara Safer Vehicle Kota Probolinggo
Juara Post-Crash Response Kota Jogjakarta

« [teks @bartno | foto @mirzablue]

SHARE