Pendekar Tongkat Mas membangkitkan cerita silat Indonesia

0
1930
Pendekar Tongkat Mas

Pendekar Tongkat Mas akan tayang pada 18 Desember 2014

Setelah sekian lama film silat tertidur, kini tontonan layar lebar yang pernah populer di tahun 80-an hingga 90-an yang mengangkat seni bela diri asli Indonesia ini, siap menunjukkan aksinya di bioskop seluruh Indonesia. Judul filmnya Pendekar Tongkat Mas.

“Cerita silat tentu saja kisah rekaan, tetapi ia mengangkat persoalan yang aktual dan dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Di dalamnya ada kisah tentang dosa yang dipendam, keserakahan, keinginan untuk berkuasa, pengkhianatan, maupun balas dendam. Itulah keunikan cerita silat,” ungkap Mira Lesmana, produser film ini dari Miles Film yang bekerjasama dengan KG Studio.

Pendekar Tongkat Mas disutradari Ifa Isfansyah, peraih predikat sutradara terbaik pada Festival Film Indonesia 2011 untuk film Sang Penari. Ia juga penyuka dan pembaca komik silat. Film juga didukung produser Riri Riza.

Produksi film ini menghabiskan waktu lebih dari dua tahun dengan biaya besar, 25 miliar rupiah. Dimulai dari proses riset, penulisan, hunting lokasi, proses latihan fisik, hingga syuting film yang berlangsung di pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Pemainnya adalah aktor yang dilatih bela diri, karena ini cerita drama yang tokoh-tokohnya pendekar silat. “It’s drama martial art,” ujar Mira. maka dipilihlah Nicholas Saputra, Eva Celia, Reza Rahadian, Tara Basro, Prisia Nasution, Darius Sinathrya, Christine Hakim, Slamet Raharjo, Landung Simatupang, dan Whani Darmawan.

pendekar tongkat mas

Untuk mendapatkan koreografi seperti yang diinginkan para pembuat film, Ifa, Mira, dan Riri memutuskan untuk berkolaborasi dengan Xiong Xin Xin, seorang seniman bela diri, aktor, penata koreografi, dan sutradara laga ternama asal Hong Kong yang telah berpengalaman lebih dari 30 tahun.

Urusan musik, Mira dan tim mempercayakannya kepada Erwin Gutawa, yang juga pernah berkolaborasi dengannya di film Laskar Pelangi. Lewat tangan Erwin yang dibantu sang putri, Gita Gutawa, serta Mira sendiri sebagai penulis liriknya, terciptalah lagu untuk film ini berjudul “Fly My Eagle” yang dinyanyikan oleh Anggun. “Fly My Eagle” sudah tersedia di iTunes dan Amazon.com.

Bukan hanya itu saja, Mira dan tim juga mempersiapkan Intellectual Property [IP] Pendekar Tongkat Mas, yang terdiri dari, buku behind the scene, komik Lembah Angin, merchandise, dan game app.

Film ini baru bisa disaksikan oleh masyarakat Indonesia pada 18 Desember 2014. Dan Pendekar Tongkat Mas juga siap didistribusikan di Eropa.  « [teks @bartno]

SHARE