Kedai Aput: masakan rumah yang tidak biasa!

0
1532

Kedai Aput menyajikan masakan rumah yang tidak biasa dan memiliki citarasa tinggi.

Makanan rumah kadang memang membosankan. Itu sebabnya, bila sedang berada di luar rumah, sebagian orang memilih memuaskan nafsu makan mereka dengan menikmati makanan di restoran. Terutama restoran yang mampu menyajikan makanan beda, unik, serta citarasa yang tidak biasa.

Namun, pertimbangan lainnya adalah seringnya makan di luar belum tentu bisa menjamin standar gizi, kebersihan, citarasa yang kita mau. Selain itu, pastinya akan menguras kocek juga bila keseringan mampir ke restoran, pasalnya akan membutuhkan cost yang tidak kecil untuk makan di restoran.

Jadi gimana dong? Nggak usah bingung G-Readers! Ghiboo punya referensi rumah makan yang pas dengan permasalahan ini. Datang saja ke Kedai Aput, yang terletak di Pasar Santa lantai 3, Kebayoran baru, Jakarta Selatan.

Kedai Aput merupakan tempat makan yang menyajikan makanan khas rumah, seperti sayur-mayur, lauk pauk: ikan, daging, dan aneka gorengan sebagai pelengkapnya.

Meski yang disajikan hanya masakan rumah, tapi jangan anggap sepele rumah makan milik Ade Putri ini. Pasalnya, Ghiboo sendiri berani pastikan, Anda akan dibuat tercengang dengan citarasa khas yang disajikan, dan bakal ketagihan makan di sini.

Makanan di kedai aput

Menu ganti setiap hari

Di sini Anda akan menemukan masakan rumah yang jarang atau memang langka ditemukan. Seperti, Ayam Kecombrang, Lidah Sapi Cabe Ijo, Pepes Bunga Pepaya, Bhotok Telur Asin, Pepes Tongkol Mangga Muda, Tumis Jantung Pisang, Tempe Gembus Goreng, Lele Acar Kuning, Pepes Jantung Ayam Manado, dan masih banyak lainnya.

Dari nama menunya saja, pasti agak asing di telinga, terutama G-Readers yang jarang tahu tentang masakan lokal. Dijamin, selain perut terisi, pengetahuan soal makanan daerah juga akan Anda dapatkan. Karena, Ade Putri selaku pemilik tak sungkan melayani sambil menjelaskan menu masakan yang Anda cicipi. Bahkan, bumbu campuran yang digunakan!

Seperti saat Ghiboo dihidangkan menu paket nasi dengan Ayam Woku Daun Lelem, tahu berontak dan sambal tempe kencur. Aroma bumbu dari Ayam Woku-nya bisa dibilang ‘nendang’ banget! dan bikin nagih ketika disuap bersama nasi. Kemudian, tempe kencur-nya juga menggugah selera, bahkan Anda tidak akan menyadari kalau itu hanya sekadar tempe. Lezat!

Rumah makan yang menyajikan masakan rumah, biasanya diartikan Warteg [Warung Tegal], namun jangan samakan Kedai Aput sama seperti warteg, lho. Karena Kedai Aput selalu mengganti menunya setiap hari. Berbeda, dengan warteg atau restoran mana pun yang menunya selalu sama setiap hari.

Makanan di kedai aput

Dari menu sayuran, lauk pauk sampai gorengan akan berganti setiap harinya. So, jangan kaget kalau Anda mampir pada hari pertama, keesokan harinya ingin menu yang sama tidak akan ada. Dan, jangan heran juga kalau datang kesini, tidak ditawarkan buku menu. Nggak ada! Untuk melihat makanan apa yang disajikan, Anda cukup membaca papan menu, yang berada tepat di tempat mengambil makanan atau silahkan intip melalui akun Twitter dan Instagram Kedai Aput.

Soal menu yang berganti setiap hari sang pemilik punya alasan dan pertimbangan sendiri. “Sebenaranya mau masak menu apa setiap hari, basicly lagi ketemu apa di pasar saja. Yang pasti setiap hari ada ayam, ikan atau sapi, lalu ada gorengan, dan sayuran,” jelas Ade Putri.

“Kalau restoran ‘kan biasanya ada menu pasti setiap harinya. Gue memang nggak kayak gitu, gue lebih suka makan formasi jadi kalau pun harga bahan baku naik, gue masih bisa alihin ke yang lain,” tambahnya.

Tidak hanya soal makanan, Kedai Aput juga punya minuman yang unik, juga dapat menyegarkan tenggorokan. Seperti, bir pletok, minuman betawi tradisonal yang dibuat di bambu panjang dan dikocok-kocok.

Makanan di kedai aputDan, ketika dikocok itu, busa pun keluar sehingga banyak mengira pada jaman dulu itu adalah bir. Adapun bahan-bahan minuman ini adalah, jahe, sreh, gula jawa, dan asem. Kemudian ada juga Es Teh Rosalia, Es Kunyit Asam yang wajib dicoba.

Menarik bukan? Untuk makanan rumah yang tidak biasa, serta minuman sehat ini, Anda tidak perlu takut bakal bokek bila mampir setiap hari. Pasalnya, harga makanan dan minuman di Kedai Aput dijamin murah! Makan dan minum, Anda cukup menyediakan kocek 15-20 ribu rupiah! Murah kan?

Ayo deh, mampir ke Kedai Aput, khususnya jam makan siang [11.00-13.00 WIB] ya. Ada baiknya, hindari datang pada waktu sore. Karena, kemungkinan makanan sudah ludes..des..des! « [teks @DonT_D4 | foto @boymali, instagram]

Kedai Aput

Alamat Pasar Santa lantai 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Jam buka Senin-Jumat, 11.00-18.00 WIB
Twitter @KedaiAput
Instagram kedaiaput

SHARE