Topeng Jakarta Jaya Raya: kocak dan Betawi banget

0
1381
lenong jakarta

Topeng Jakarta Jaya Raya menampilkan akting Indra Bekti dan suara merdu Ussy Sulistiawaty.

Pagelaran seni Betawi menjadi suguhan hiburan pertama bagi peserta “Jakarta Tourism Business Forum [JTBF] 2014″, yang diselenggarakan pada 2-5 Desember.”

Bertajuk “Topeng Jakarta Jaya Raya”, grup Teater Abang None sebagai pelaku pertunjukkan teater dan drama musikal ini, juga turut menghadirkan Ussy Sulistiawaty dan Hedi Yunus.

Acara digelar di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki, Selasa malam, dimulai pukul 20.04 WIB. “Topeng Jakarta Jaya Raya” bercerita mengenai keluarga Babe Zaenal [Indra Bekti] yang berniat melakukan ‘kaul’ / nazar karena anaknya berhasil lulus S2 di London. Namun niat ini sempat ditolak anaknya yang bernama Ichsan. Tapi akhirnya Ichsan setuju dan malah acara selamatan kaulnya diapresiasi baik oleh teman-teman Ichsan dari luar negeri.

Candaan ala Betawi, pantun jenaka, tarian Betawi, dan joke-joke segar dari para pelakon, berhasil membuat riuh para penonton di teater ini.

Lagu “Gang Kelinci” dan “L.O.V.E” yang dibawakan Ussy, membuat acara semakin hangat. Ditambah lagi suara merdu Hedi Yunus yang mendendangkan “Dara” dan “Keroncong Kemayoran”.

Seni betawi

Lebih kurang 1,5 jam teater dan drama musikal “Topeng Jakarta Jaya Raya” dipertontonkan. Meski cuma digarap dalam waktu dua minggu oleh Maudy Koesnaedi sebagai produser, kami puas dengan hasilnya.
Dan berikut beberapa tanggapan dari penonton lainnya.

1. Lim Herh Kim [Singapore]
“Saya pikir musiknya, kostumnya, dan pemainnya sangat bagus. Tapi sayang saya tidak mengerti ceritanya. Sebaiknya ada satu layar lagi yang menjelaskan mengenai adegan yang terjadi.”

2. Angeline A.Setiawati @ine_angel [Jakarta]
“Pertunjukkannya bagus. Kita jadi memperkenalkan budaya kita ke orang lain. Adegan yang saya suka, saat mereka foto-foto narsis. Dan semoga bisa dilakukan secara reguler.”

3. Rindra Faizal @natatours [Jakarta]
“Pertunjukannya sudah seperti di luar negeri. Cuma perlu dikembangin saja lagi supaya lebih modern. Yang saya paling suka saat bagian komedinya.”

4. Handi Jayadi [Jakarta]
“Bagus, terasa Betawi banget pertunjukkannya. Pas saat tari topeng, itu yang paling menarik.”

5. Akhmad Murtadho [Sorong]
“Sangat bagus. Dengan gaya yang kocak seperti ini, pesan-pesannya mengena.” « [teks @bartno | foto @bagusdimsum]

Seni Betawi Seni Betawi Seni Betawi

SHARE