Perjalanan waktu Doraemon, siapa dia sebenarnya?

0
1974
Doraemon dan Nobita

Siapa yang tidak mengenal robot biru berkantung ajaib bernama Doraemon? Sosok kucing pemalu dan pecinta dorayaki ini menjadi favorit bagi setiap anak kecil maupun dewasa. Bahkan kartun animasi asal Jepang ini selalu dinanti-nantikan kemunculannya.

Doraemon hingga sekarang mencapai produksi 45 volume dan memiliki 40 video game yang menggunakan karakter dirinya.

Supaya kita mengenal lebih dalam lagi perjalanan sosok Doraemon, berikut Ghiboo bagikan beberapa informasi mengenai sahabat setia Nobita ini.

Doraemon animasiDoraemon merupakan seri manga Jepang. Kisah Doraemon yang kita kenal ditulis dan diilustrasikan oleh Fujiko Fujio, yang sukses diadaptasikan dalam seri animasi juga media franchise.

Penampilan pertama manga Doraemon. Sosok robot kucing biru ini sudah dipublikasikan sejak Desember 1969.

Arti nama Doraemon. Terdiri dari dua kata yang digabungkan, Dora dan Emon. Dora atau Nora yang berasal dari kata Nora-Neko berarti kucing liar. Dalam bahasa tradisional Jepang, Emon merupakan kata ganti untuk hewan berkelamin jantan. Jadi Doraemon memiliki arti kucing jantan liar.

Robot kucing bertelinga. Doraemon awalnya memiliki dua telinga, sayangnya saat ia sedang tidur siang, muncul robot tikus yang mengigit kedua telinganya hingga rusak.

Doraemon animasiWarna aslinya kuning. Sosok Doraemon yang kita kenal berwarna biru ini, ternyata memiliki warna asli kuning. Saat mengetahui telinganya rusak, Doraemon depresi dan meminum air ramuan berlabel kesedihan. Warna kuning tubuhnya luntur saat menangis dan suaranya pun berubah.

Kantung ajaib Doraemon. Kantung ajaib dengan 4 dimensi, membuat Doraemon dapat memperoleh berbagai macam peralatan yang canggih dan bermacam-macam dari masa depan. Yang biasa ia gunakan untuk membantu sahabatnya, Nobita.

Doraemon

Alat-alat milik Doraemon. Dimulai dari episode pertama hingga sekarang, Doraemon sudah mengeluarkan kurang lebih 4500 alat dari kantongnya. Alat populer milik doraemon seperti Doko Demo Doa [pintu ke mana saja], Take-copter [baling-baling bamboo], Kuukihou [meriam senjata angin] dan Time Machine [mesin waktu].

Doraemon disalah artikan sebagai rubah. Dalam publikasi manga karya Tora Aman [perusahaan manga asal Malaysia], seringkali Doraemon dianggap sebagai rubah.

Doraemon animasiDoraemon lahir di masa depan. Robot kucing Doraemon dibuat pada 3 September 2112. Dengan nomor produksi MS-903.

Pengisi suara Doraemon. Kōsei Tomita dalam episode 1-13 → Masako Nozawa [1973], Nobuyo Ōyama [1979-Maret 2005], Wasabi Mizuta [April 2005 – sampai sekarang].

Film layar lebar animasi 3D Doraemon. Perjalanan Doraemon di tahun 2014 lagi-lagi kembali muncul dengan dijadikannya film layar lebar animasi 3D. Film yang diberi judul “Stand by Me Doraemon” ini telah dirilis 8 Agustus 2014. Sementara dalam versi bahasa Inggris, telah dirilis 24 Oktober 2014 dalam “Tokyo International Film Festival”.

Doraemon animasiPenghargaan yang diraih Doraemon. One of the 22 Asian Heroes in TIME Magazine, 22 April 2002, Culturally Significant Work of Japanese Otaku Pop-Culture in Little Boy: The Arts of Japan’s Exploding Subculture, 1st Animal Cultural Ambassador in the Japanese Ministry of Foreign Affairs, 2008, 1st Shogakukan Manga Award, 1982, 1st Osamu Tezuka Culture Award, 1997. «[teks @abigailpinkan dan berbagai sumber | foto facebook]

SHARE