Anak juga butuh medical check up!

0
581
Medical Check Up

Medical check up harus sesuai dengan umur anak

Masyarakat selama ini berpikir bahwa medical check up penting hanya untuk orang dewasa. Sedangkan untuk anak-anak diperiksa kesehatannya jika mereka mulai ada gejala sakit. Padahal medical check up juga penting untuk anak agar dapat memastikan bahwa anak tumbuh dan berkembang dengan baik.

Jenis pemeriksaan yang dilakukan untuk medical check up anak tentu berbeda dengan orang dewasa. Selain dilakukan pemeriksaan fisik, mata, telinga dan mulut, ada juga beberapa pemeriksaan laboratorium untuk mengetahui status kesehatan anak.

Pemeriksaan berbeda pada setiap umur anak, dari balita [usia 1-3 tahun], usia pra sekolah, kelompok usia sekolah, dan anak remaja dilihat dari risiko penyakit yang berbeda-beda sesuai dengan umurnya.

Berikut jenis pemeriksaan yang dilakukan pada anak:

» Pemeriksaan fisik: dilakukan oleh dokter spesialis anak untuk evaluasi tumbuh kembang dan pemeriksaan oleh spesialis mata untuk melihat apakah ada kelainan pada mata atu tidak.

» Pemeriksaan khusus: misalnya, tes mantoux untuk mendeteksi penyakit tuberkulosis. Atau tes lainnya sesuai kondisi kesehatan anak.

» Pemeriksaan laboratorium: pemeriksaan fungsi hati, ginjal, urine, panel diabetes, profil lemak.

Hasil medical check up ini bisa dijadikan rujukan kepada orang tua untuk mendeteksi kemungkinan adanya kelainan bawaan pada bayi. Dengan melakukan medical check up secara berkala, sebagai orang tua dapat mengantisipasi segala kemungkinan yang ada dan diharapkan anak memiliki kesehatan yang prima. « [ teks @fakhranarana ǀ foto shutterstock.com]

SHARE