Celebrity Fact: A Man Behind Mickey Mouse, Walt Disney

0
588
walt disney

Selamat ulang tahun untuk sosok paling berjasa dalam dunia kartun, Mr. Walt Disney

Siapa tidak kenal Walt Disney? Karakter kartun yang ia ciptakan sangat melekat di hati anak-anak. Bukan hanya anak-anak, semua kalangan di seluruh dunia pun pasti sangat mengenal karakter ciptaan Walt Disney.

Mulai dari sosok tikus kecil Mickey Mouse, hingga teman-teman Mickey seperti Daisy atau Goofy. Kesuksesannya dalam mewujudkan mimpi anak-anak dengan cerita indah, taman bermain sepeti Disneyland pun dibangun untuk mengenang jasa Walt Disney. Pada 5 Desember, 113 tahun lalu, Walt Disney dilahirkan. Untuk mengenang sosoknta, simak beberapa fakta unik tentang Walt Disney.

» Ia dilahirkan dengan nama asli Walter Elias Disney pada tanggal 5 Desember 1901.

» Walt Disney keluar dari sekolah menengah untuk bergabung dalam sekolah militer. Ia pun tidak lulus sekolah tinggi serta ditolak dalam sekolah militer karena masih di bawah umur.

Akhirnya ia menjadi seorang supir ambulan pada umurnya yang ke-16, yang pada saat itu sedang berlangsungnya perang dunia pertama. Setelah setahun bekerja dan dikirim ke Prancis, militer Amerika Serikat akhirnya mengajak Walt Disney bergabung.

» Sebelum menjadi pengusahan dan kartunis, Walt Disney ingin menjadi seorang aktor. Lalu memutuskan untuk menjadi komikus yang menggambar tentang karikatur politikus. Saat itu, tidak ada perusahaan yang menerimanya untuk bekerja sampai ia diberikan pekerjaan sementara oleh saudaranya bernama Roy di sebuah studio seni bernama Pesmen-Rubin Art Studio. Ia bekerja menciptakan iklan di koran, majalah, dan juga bioskop.

» Di perusahaan ia bekerja, Disney bertemu dengan seorang kartunis bernama Ubbe Iwerks yang menjadikan mereka teman baik sampai memutuskan untuk membangun perusahaan iklan bersama pada tahun 1920. Perusahaan mereka diberi nama Iwerks-Disney Commercial Artists.

disney 2» Sebelum menjadi istri dari Walt Disney, Lillian Disney merupakan pegawai yang bekerja di perusahaan Disney. Mereka menikah pada  25 Juli 1925. Pernikahan mereka bertahan sampai maut memisahkan mereka.

» Sebelum nama Mickey tercipta, Walt memberi nama karakter tikus buatannya dengan nama Mortimer Mouse. Istri Walt, Lillian Disney membujuk suaminya untuk mengganti nama Mortimer menjadi Mickey karena lebih mudah diingat dan komersil and they made it!

» Pengisi suara Mickey Mouse yang asli merupakan Walt Disney sendiri. Kemampuannya sebagai animator dan produser, Walt Disney mencoba keahliannya di bidang voice acting atau biasa disebut sebagai dubber. Dari tahun 1928 sampai 1947 ia mengisi suara Mickey sebelum digantikan dengan dubber asal Amerika, Jimmy MacDonald.

» Idenya ditolak untuk membuat film animasi berdurasi panjang. Saat Walt Disney memberikan idenya untuk membuat film animasi Snow White ke tahap yang lebih panjang, ia ditertawakan dan idenya ditolak karena menurutpegawainya itu merupakan hal yang gila. Dengan gambar manual satu persatu, Walt Disney dianggap tidak mampu untuk mewujdukan idenya.

Walaupun ia tetap menjalankan idenya sampai di tengah-tengah produksi dan kehabisan dana, ia tidak menyerah dan meminjam uang dari pegawai di kantornya. Untungnya bagi Walt Disney dan semua kru, film Snow White berhasil dalam dunia kartun dan mencapai keuntungan hingga $8 juta pada zaman dahulu. Wow! Pesan moral: jangan meremehkan ide orang lain!

» Walt Disney berteman baik dengan pemerintahan Amerika Serikat. Karena ia pernah bergabung dalam militer Amerika Serikat dan beperang di medan perang, ia menciptakan sebuah film kartun untuk militer Amerika Serikat yang berisi bujukan bagi warga Amerika untuk membayar pajak serta film anti-hitler.

Ia juga membuat relasi yang baik dengan pemerintahan Amerika Selatan dan membuat film pendek tentang tour di pantai Rio De Janeiro, Brazil. Ia juga membuat film kartun berjudul Saludos Amigos dengan setting di Amerika Selatan.

Walt Disney 1
Walt Disney in Rio De Janeiro

» Walaupun ia menciptakan karakter tikus, Walt Disney sebenarnya sangat takut dengan tikus.

» Walt Disney memperoleh Academy Awards dan nominasi terbanyak dibandingkan orang-orang di seluruh dunia. Antara tahun 1932 sampai dengan tahun 1969, Disney memenangkan penghargaan Academy Awards sebanyak 22 piala dan mendapatkan nominasi sebanyak 59 kali.

» Sebuah kamar kecil dengan 1 tempat tidur di mana Disney biasanya bekerja, masih dapat dilihat di Main Street tepatnya di atas firehouse Disneyland. Kamar ini merupakan tempat di mana ia bekerja mewujudkan mimpinya sambil melihat orang-orang yang berlalu lalang di sekitar Disenyland.

Dalam ruangan ini tidak ada satupun fotonya bersama keluarganya. Letak furniture dan apa yang ditinggalkan terakhir olehnya dibiarkan begitu saja. Kertas-kertas di atas meja masih tidak berubah letaknya.

» Kata-kata terakhir Disney masih menjadi misteri. Sebelum meninggal karena kanker paru-paru ia menuliskan kata-kata “Kurt Russell” di secarik kertas. Kurt Russel merupakan artis cilik yang pernah bekerja di perusahaan Disney dan tidak pernah mendapatkan penghargaan apa-apa. Kurt sendiri pun tidak mengetahui apa maksudnya.

» Tahun 2009, dibangunlah sebuah museum bernama The Walt Disney Family Museum di San Fransisco. Ribuan artefak Disney di pajang disana serta 248 penghargaan yang ia dapatkan. Anak Disney, Diane, yang membangun museum ini ia ingin karya ayahnya dikenal oleh semua orang dan juga diperuntukkan bagi fans Disney di seluruh dunia. Never too old for Disney. Setuju? [teks @chrissjee | foto berbagai sumber]

SHARE