Perhatikan jika mengajak bayi berpergian menggunakan pesawat!

0
571

Hal berikut perlu Anda perhatikan supaya bayi nyaman selama perjalanan dengan pesawat terbang.

Banyak orangtua yang bersemangat ingin mengenalkan dunia kepada putra putri mereka. Jika perlu, sejak kecil sang bayi sudah dikenalkan dengan berbagai tempat yang berbeda. Salah satu fasilitas yang banyak diminati saat ini tentu saja berwisata menggunakan pesawat terbang.

Bagi seorang bayi, butuh penyesuaian untuk bisa berada di atas pesawat, apalagi untuk perjalanan yang panjang. Karena itu, sebagai orangtua, Anda harus mengetahui bahwa seorang bayi dapat diajak bepergian menggunakan pesawat dengan usia minimum 3 bulan.

Saat mencapai usia ini, daya tahan bayi sudah lebih kuat juga dalam menghadapi perubahan suhu udara. Namun sebagai orangtua yang ingin membawa bayi berjalan-jalan menggunakan fasilitas pesawat terbang harus mempersiapkan hal-hal berikut untuk menjaga kenyamanan sang bayi selama dalam perjalanan.

» Pertama, usahakan untuk menyusui bayi Anda saat lepas landas dan mendarat. Menelan akan mencegah bayi dari mengalami kesakitan telinga akibat perubahan tekanan udara. Empeng juga dapat menolong.

» Kedua, jika bayi tampak resah dan rewel, ajak dia berkeliling di lorong kabin dan melihat-lihat. Hal ini dapat mengalihkan rasa bosan pada bayi sekaligus dapat memberi efek menenangkan.

» Ketiga, cobalah untuk mempersiapkan hal yang tak terduga. Misalkan jika suhu kabin cenderung dingin jangan lupa untuk memakaikan baju hangat, kaos kaki, penutup kepala, dan sarung tangan.

» Keempat, jika bayi tidak tertidur selama perjalanan, sibukkan bayi dengan aktivitas kecil agar tidak bosan. Jangan lupa bawa selalu mainannya untuk mencairkan suasana penerbangan yang membosankan untuk anak.

» Kelima, jangan sungkan minta pertolongan. Jika Anda merasa kerepotan untuk melakukan suatu hal atau merasa membutuhkan pertolongan segera minta bantuan dari kru penerbangan. Ini akan sangat membantu menjaga kenyamanan dan keamanan Anda beserta bayi Anda selama dalam penerbangan. « [teks @nandiyanti | foto shutterstock]

SHARE