Pyramid: ketika penemuan bersejarah menjadi petaka

0
1393
Film the pyramid

Tim arkeologi AS terperangkap di dalam Pyramid yang penuh teror dan ketegangan.

Keajaiban kuno di dunia memiliki kutukan bagi penjelajah yang berani mengungkap rahasia mereka. Kutukan paling populer di antaranya adalah sebuah penderitaan yang disebut “Kutukan dari Firaun”—pembalasan dendam terhadap petualang yang mengganggu makam suci Piramida.

Pada 1699, sebuah kapal Polandia yang membawa mumi dihantui visi spektral dan badai besar.  Pada 1803, empat anggota ekspedisi yang memasuki Piramida Khafre tidak pernah muncul lagi. Dan pada tahun 1922, makam Tutankhamun dibuka dan kemudian mengakibatkan serangkaian kematian yang mengerikan menimpa tim penggalian.

Untuk 90 tahun ke depan, tidak ada makam lain yang diganggu manusia.

Hingga tahun 2014, tim arkeologi Amerika Serikat, dengan bantuan kecanggihan teknologi satelit, menemukan sebuah piramida terkubur di bawah tanah. Piramida Mesir pertama dengan tiga sisi diperkirakan terkubur selama 5000 tahun lamanya.

Film the pyramid

Dr. Nora Holden [Ashley Hinshaw] dan ayahnya, Miles [Denis O’Hare], dari tim arkeologi itu senang bukan main. Bagi mereka penemuan piramida tiga sisi ini paling penting dalam karier mereka.

Pembuat film dokumenter Sunni Marshe [Christa Nicola] dan kamerawan Terrence ‘Fitzie’ Fitzsimmons [James Buckley] mendokumentasikan proses penggalian Piramida yang terkubur. Mereka juga dibantu ahli robot Michael Zahir [Amir Kamyab].

Di waktu bersamaan, ibukota Mesir, Kairo, sedang mencengkam. Protes politik tengah berkecamuk. Pemerintah Amerika Serikat meminta warganya yang berada di Kairo untuk segera pulang.  Tidak ada tawar menawar. Miles, dengan berat hati, hendak mengikut perintah atasannya. Namun sang anak, Nora, menolak. Ia membujuk dan meyakinkan ayahnya bahwa ini penemuan paling penting dalam sejarah manusia.

Usai adegan adu mulut ayah dan anak, suguhan demi suguhan dilanjutkan di dalam piramida.

Film the pyramid

Film Pyramid 4 diarahkan sutradara Gregory Levasseur. Dari portfolionya, filmmaker asal Prancis ini cenderung menggarap genre horor. Ia senang mengocok jantung penonton, sebut saja Maniac [as screenplay – 2012], Piranha 3D [as screenplay and producer – 2010], dan Mirrors [as produser, director and screenplay – 2008].

Maka tidak perlu heran ketika di dalam Piramida yang angker, seram, lima orang yang awalnya mencari penyebab robot milik Zahir, terperangkap mencari jalan keluar. Mereka dihantui makhluk dan binatang kanibal.

Ah, ini cerita klasik film horor, duet penulis Daniel Meersand dan Scott C. Silver membawa rasa penasaran penonton akan seperti apa makhluk yang menghantui tim arkeologi. Siapa yang mati lebih awal? Siapa yang mati terakhir? Siapa yang bertahan hidup?

the-pyramid posterMeski mengangkat keajaiban dunia Piramia Mesir, ini bukan cerita berdasarkan sejarah, ini film fiksi.  “Tentu saja, cerita dalam piramida adalah fiktif,” kata Scott C. Silver, produser film.  “Tapi Alex [Produser Alexandre Aja] dan Greg [Grégory Levasseur] membawa pemahaman yang luar biasa dari mitologi Mesir.”

Kalau G-Readers menyukai genre film horor, senang dengan ketegangan, sepertinya Pyramid bisa masuk daftar tontonan kalian. « [teks @Tomi_Nala | foto elfilm.com untuk ghiboo]

Detail Pyramid:
Sutradara Gregory Levasseur
Penulis Daniel Meersand dan Scott C. Silver
Distribusi  20th Century Fox
Durasi  89 menit
Pemain  Ashley Hinshaw, Denis O’Hare, James Buckley, dan Daniel Amerman

Film the pyramid Film the pyramid

SHARE