Berikut tip jadi travel blogger sukses!

0
847

Travel blogger merupakan salah satu pekerjaan yang banyak dilirik saat ini. Bagaimana tidak, Anda bisa berjalan-jalan secara gratis ditambah mendapatkan uang setelahnya!

Saat ini memang sudah banyak blog-blog yang tenar dan menghasilkan uang di bidang travel. Tapi jangan salah nilai, karena tidak semua travel blog bisa dikomersialisasikan.

Ada tips dan trik khusus bagi kalian yang baru saja mencoba menjadi travel blogger agar dipercaya banyak sponsor dan juga pengiklan. Kelak, tulisan-tulisanmu juga bisa menjadi viral dengan sendirinya jika mampu menjaga tips dan trik berikut ini.

» Pertama, bukan sekadar jalan-jalan. Biasanya seorang penulis di blog hanya menggambarkan perjalanan dari sisi pribadinya saja. Hal ini sudah banyak dilakukan sehingga kurang menarik. Cobalah untuk menulis dari sisi yang berbeda. Anda harus bekerja sedikit ekstra karena perlu melakukan wawancara dengan berbagai sumber yang Anda temui di perjalanan.

» Kedua, cobalah untuk menjelaskan secara detil. Memberitahu lokasi perjalanan pasti akan Anda lakukan, namun selebihnya? Belum tentu. Cobalah untuk menjelaskan rincian sejak awal perjalanan. Rute dan kendaraan yang bisa digunakan, serta berbagai pilihan penginapan di sekitar destinasi wisata. Ini akan menjadi nilai tambah.

» Ketiga, desain juga menentukan. Kelengkapan foto tujuan Anda pastinya menjadi salah satu yang ditunggu pembaca. Tapi cobalah untuk mempelajari seni keindahan sebuah foto. Pelajari dasar-dasar fotografi sehingga tampilan foto perjalanan Anda terlihat meyakinkan dan menjual.

» Keempat, jadilah referensi. Ada baiknya mengeksplorasi satu tujuan lebih dalam lagi. Jika tujuan Anda sebuah kota cobalah gali tempat-tempat unik di sana. Warung makanan tradisional terlaris misalnya. Akan menjadi satu nilai tambah bagi mereka yang akan berkunjung ke tempat yang sama.

» Kelima, jadilah travel planner yang baik bagi pembaca. Mempersiapkan tujuan dan keperluan adalah hal yang lumrah. Tapi mempersiapkan dari segi finansial. Perincian keperluan uang selama di tempat tujuan akan sangat membantu. Jika Anda unggul dalam pelajaran ekonomi, berarti Anda sedang beruntung.

Karena hitung-hitungan selama perjalanan akan sangat dicari oleh traveler pemula dan pastinya menarik minat para pemberi sponsor dan juga pengiklan. Tidak percaya? Selamat mencoba! « [teks @nandiyanti | foto shutterstock.com]

SHARE