Opera Tari Gandari, libatkan seniman lintas negara

0
1061

Selama dua hari ini, 12-13 Desember 2014, Anda bisa menyaksikan Opera Tari Gandari yang melibatkan seniman-seniman Indonesia, Jepang, dan Eropa.

“Opera Tari Gandari ini didasarkan puisi berjudul Gandari karya penulis kenamaan Indonesia, Goenawan Mohamad. Kisah Ibu dari Kurawa ini akan terbagi dalam empat babak dan akan menampilkan musik baru karya Tony Prabowo, seorang komposer yang telah menghasilkan karya yang dipentaskan secara luas di dalam dan luar negeri,” jelas sang sutradara opera ini, Yudi Ahmad Tajudin.

Pertunjukan lintas disiplin ini akan menampilkan tari garapan koreografer terkemuka Jepang, Akiko Kitamura, dengan penari-penari terbaik dari Indonesia dan Jepang. Untuk mewujudkan pementasan ini, Yayasan Taut Seni bekerjasama dengan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda Jakarta, Erasmus Huis Jakarta, Asia Center Japan Foundation, Shinshu University Japan, Goethe Institut, dan didukung penuh oleh Djarum Apresiasi Budaya.

“Beragam corak budaya dapat disaksikan dalam Opera Tari Gandari yang menggabungkan seni sastra, musik kontemporer, tari dan tata rupa dalam sebuah suguhan indah,” ujar Renitasari Adrian, Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Puisi Gandari akan dilantunkan oleh seorang soloist dari Belanda, Katrien Baerts, dengan para narator, yaitu Sita Nursanti dan Landung Simatupang, diiringi paduan suara Batavia Madrigal Singers dari Indonesia. Sementara orkestra yang akan mendukung pentas ini adalah Asko|Schönberg – Slagwerk Den Haag dari Belanda, dengan konduktornya, Bas Wiegers.

Sementara tata panggung didesain seniman rupa Indonesia, Teguh Ostenrik, yang akan bekerjasama dengan seniman video Taba Sanchabakhtiar dan disainer kostum Chitra Subiyakto.

Opera Tari Gandari ini akan dipentaskan di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta pada 12-13 Desember 2014 pada pukul 20.00 WIB. « [teks[email protected] & foto dan sumber dok. Image Dynamics]

Tiket
VIP  IDR 350.000
Kelas 1  IDR 250.000
Kelas II  IDR 150.000

Katrien Baerts
Katrien Baerts
Asko I Schonberg - Slagwerk Den Haag
Asko I Schonberg – Slagwerk Den Haag
SHARE