Email Sony diretas, honor Jennifer Lawrence ternyata kecil

0
827
sony hack

Sebuah kelompok yang mengatas namakan dirinya sebagai “Guardians of Peace”, telah membobol ratusan ribu surat elektronik [email] milik perusahaan film Sony Pictures Entertainment dan disebarkan melalui media sosial.

Hal ini menyebabkan rahasia perusahaan Sony terbongkar, seperti gaji karyawan Sony [termasuk pembagian honor berdasarkan gender yang mengakibatkan Jennifer Lawrence memiliki honor lebih kecil dibandingkan lawan mainnya], komentar-komentar rasis tentang Presiden Amerika Serikat Barrack Obama, skrip film James Bond selanjutnya, dan juga komentar pedas kepada para selebriti seperti Angelina Jolie dan Kevin Hart.

Email pribadi yang disebarkan ini juga membongkar beberapa rencana tentang pembuatan film selanjutnya oleh Sony seperti adanya cameo Spiderman dalam film Captain America 3 dan rencana penggabungan antara The X-Men dengan Fantastic 4.

Tidak hanya itu, email yang disebarkan ini merugikan aktris Hollywood. Angelina Jolie disebut sebagai “minimally talented spoiled brat” oleh produser Sony, Scott Rudin. Lalu menyebut Kevin Hart sebagai “a whore”.

sony hack 1Kasus yang disebut sebagai ‘Sony Hack’ ini diduga akibat film yang akan dirilis Sony pada 25 Desember mendatang, berjudul The Interview yang dinilai rasis.

Dalam film ini, dua aktor terkenal Seth Rogen dan James Franco berperan menjadi dua orang agen CIA yang akan menghancurkan pimpinan Korea Selatan, Kim Jong Un.

Pihak Sony mengelak dan berpesan bahwa Sony tidak terlibat sama sekali dengan pembuatan film ini dan meminta agar nama Sony dihapus dari seluruh poster atau semua barang-barang promosi dari film The Interview. “We need Sonys name off this asap everywhere,” ujar sang Vice Chairman Sony Pictures, Jeff Blake.

Sebelumnya, pada April 2011, Sony juga pernah mengalami hal seperti ini. Sekitar 77 juta data pribadi pemain PlayStation dicuri dan melarang pemain untuk bermain secara online untuk menghindari pencurian data yang lebih banyak lagi. Akhirnya mereka menciptakan keamanan dalam sistem PlayStation 3 untuk menghindari ‘serangan’ selanjutnya. « [teks @chrissjee | foto thedailybeast.com]

SHARE