Musim yang baik bagi Sheila On 7 luncurkan album

0
1243
Sheila On7

Siapa yang tidak mengenal Sheila On 7? Ia salah satu grup band kebanggaan Indonesia yang sejak tahun 1999 hingga saat ini namanya tidak pernah pudar. Band ini terdiri dari Akhdiyat Duta Modjo [vokal], Eross Candra [gitar], Adam Muhammad Subarkah [bass], dan Brian Kresno Putro [drum].

Kabar terbaru, jelang penutupan tahun, Sheila On 7 kembali memanjakan para pecinta musik dan penggemar setia mereka [Sheila Gank] dengan meluncurkan album baru bertajuk Musim Yang Baik.

Album ini merupakan album kedelapan mereka yang dinaungi oleh Sony Music. Hingga tahun 2014, ini merupakan tahun ke-16 bagi Sheila On 7 dan Sony Music bekerjasama. Hebatnya, album ini sudah berada di puncak 1 iTunes sejak peluncurannya 10 Desember lalu..

Album Musim Yang Baik memiliki 10 track lagu, dengan konsep dan design album berbeda.

Sheila On7 Album Rilis

Design cover album bernilai seni
“Sheila On 7 diberikan kebebasan dalam memilih konsep album ini oleh Sony Music. Berawal workshop dengan cover maker, yaitu salah satu band asal Jogjakarta bernama “FSTVLST” [re: festivalist] yakni vokalisnya, Farid Stevy Asta salah satu designer handal Indonesia. Konsepnya ide Farid. Tapi gue menceritakan tentang album ini, dari liriknya, dari banyaknya cerita dalam album ini ke Farid. Jadilah gambar design cover ini,” jelas Duta.

Konsep mengurangi overdub dan efek sound
Eros mengungkapkan, “Sheila On 7 sudah rekaman dari tahun 1999, zaman itu masih rekaman secara analog dengan pita, segala macam keterbatasan ada di album pertama. Semakin lama rekaman berkembang memasuki era digital recording dan Sheila On 7 selalu overdub kalo ada kurang musik apa.

Tapi lama-lama semakin jenuh dan ingin suasana baru dengan kembali lagi ke masa digital yang masih terbatas. Justru dengan konsep seperti ini bikin kreatifitas kita dipacu ke arah lain. Sebelumnya kalo ada ide kita overdub, tapi kalo sekarang kalo ada ide langsung masuk ke main track. Sekarang kita lebih bijak, nggak semua dimasukin kalo nggak mampu mainin part itu waktu live ya nggak akan kita masukin.”

sheila on 7

Berani mengambil konsep 4 piece band
Menurut Duta dan personel lainnya, Sheila On 7 memiliki keunikan dengan sentuhan aransemen di sana-sini. Grup band ini memiliki prinsip, dengan mendengarkan lagu secara live sama dengan di album, banyak orang yang akan memilih cukup dengan mendengar lagu saja. Tapi berbeda jika yang sama dari bunyi-bunyiannya, penggemar akan bisa mendengar apa yang ada di album akan sama dengan penampilan mereka secara live.

Pandangan Sheila On 7, grup band Red Hot Chili Peppers
“Kacamata musisi luar yang kita ambil sebagai contoh Red Hot Chili Peppers yang menggunakan format 4 piece. Karena menurut kita 4 piece saja bisa keren, setiap alat musik terdengar detail satu-satu, itu yang buat musiknya enak. Buat kita [Sheila On 7] yang sudah 16 tahun dengan 8 album ya sah-sah aja menggunakan konsep ini, karena ini waktunya kita mencoba dan semoga lebih segar untuk didengar,” ungkap Duta.

Pemilihan tajuk Musim Yang Baik
Musim Yang Baik merupakan salah satu lagu atau track yang ada di album ke 8 dengan judul lagu yang sangat mewakilkan album ini. “Kita harap dengan segala macam kendala dan kelancaran yang diberikan oleh Allah, mudah-mudahan hari ini adalah hari yang tepat atau musim yang baik untuk Sheila On 7 untuk mengeluarkan album lagi.” «[teks @abigailpinkan | foto @bagusdimsum]

SHARE