Gunakan teknik USAGI supaya bayi bebas iritasi

0
604

Kemudahan yang ditawarkan dalam penggunaan popok bayi sekali pakai kini menjadi pilihan banyak ibu-ibu di kota-kota besar Indonesia.

Sayangnya, orangtua sering tidak peduli dengan jenis popok yang dipakai sepanjang hari dan jarang diganti. Penggunaan popok sekali pakai yang tidak tepat dapat mengakibatkan berbagai gangguan kulit pada bayi dan balita seperti ruam, iritasi, biang keringat hingga lecet pada kulit.

Tentu saja gangguan pada kulit bayi ini membuat bayi merasa tidak nyaman dan memberikan dampak yang kurang baik bagi perkembangan anak. Seperti anak menjadi rewel, cengeng, mudah marah, dan ini akan menghambat tumbuh kembangnya.

Persepsi yang berkembang di kalangan para ibu adalah iritasi yang dialami bayi merupakan hal yang umum terjadi ketika menggunakan popok. Untuk mengatasi hal ini, biasanya para ibu melakukan beberapa tindakan antara lain menggunakan baby oil, atau bedak pada kulit bayi yang bermasalah.

Namun sebenarnya hal ini tidak dianjurkan oleh praktisi kesehatan dikarenakan bedak dapat terhirup dan meningkatkan risiko kanker 10-30 persen bila masuk ke alat kelamin. Para ibu sebagai kunci dari keberhasilan tumbuh kembang anak perlu mendapatkan informasi yang utuh dan lengkap mengenai cara mengatasi efek samping dari penggunaan popok sekali pakai.

Karena itu, PT Kao Indonesia, yang memproduksi produk popok bayi Merries Good Skin, menyelenggarakan Temu Kader dan Diskusi Kesehatan Anak Bersama Praktisi Kesehatan di Puskesmas Mekarwangi, Bogor, beberapa hari lalu. Teamnya, “Penggunaan Popok Bayi Sekali Pakai Pada Bayi.”

Dalam diskusi tersebut, dikenalkanlah apa yang disebut USAGI, yaitu Usap Cegah Iritasi, yakni tip mengenai pemilihan dan pemakaian popok sekali pakai. Jadi USAGI terdiri dari:

1. Usap Bahannya, pastikan popok bayi yang Anda pilih lembut ketika disentuh oleh tangan dan tidak mengeluarkan bunyi [seperti berbahan plastik]
2. Usap Kulit Bayi, pastikan kulit bayi Anda tetap kering ketika popok bayi dilepas
3. Usap Pinggang Bayi, popok bayi berkualitas baik tidak akan meninggalkan bekas kerutan di pinggang.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat G-Readers. « [teks @bartno | foto sheknows.com]

SHARE