Keindahan alam laut Alor dibukukan dalam judul Alor Underwater

0
674

Daerah Timur Indonesia memiliki potensi pariwisata yang besar untuk dikembangkan. Seperti yang dimiliki daerah Nusa Tenggara Timur [NTT]. Pariwisata baharinya, yang berkaitan dengan surfing, diving, fishing, dan snorkeling, semakin banyak dikunjungi wisatawan.

Seiring dengan itu dan untuk semakin mempromosikan potensi pariwisata di NTT, belum lama ini, Pemerintah NTT sukes menyelenggarakan Lomba Fotografi Internasional Bawah Laut Alor [23-29 September].

Dan kini, hasil foto-foto terbaik dari kompetisi itu dibukukan dalam buku yang berjudul Alor Underwater.

“Buku ini dibuat untuk mengekspos salah satu daerah di Indonesia yang punya banyak potensi, yakni Alor,” kata Muljadi Pinneng Sulungbudi, seorang professional undderwater photographer yang juga putra NTT, saat peresmian peluncuran buku ini di gedung Kementerian Pariwisata, Jakarta, Senin kemarin.

“Kami sadari, buku dengan ketebalan 100 halaman ini tidak bisa mengungkap semua kekayaan, keindahan, dan potensi yang dimiliki Alor. Namun, setidaknya ini adalah permulaan. Harapan kami, foto-foto yang ada di buku ini bisa mewakili kecintaan kami terhadap Alor dan semakin banyak yang juga mencintai area itu agar daerah dan masyarakatnya bisa terus berkembang tanpa melupakan jati dirinya.”

Alor Underwater_Gemala Hanafiah
Foto karya Gemala Hanafiah

Gemala Hanafiah sebagai salah satu fotografer yang terlibat dalam buku Alor Underwater mengungkapkan, “Alor memiliki alam bawah laut yang sangat indah. Lautnya sangat jernih, koral-koral dengan beragam warna-warni yang memenuhi tebing di bawah laut, hewan-hewan mungilnya membuat saya sangat terpukau. Di samping itu, masyarakatnya sangat hangat, budaya dan hasil karya mereka juga sangat menarik, membuat saya sangat mencintai Alor.”

Dalam buku Alor Underwater ada 100 foto terbaik. Dalam cetakan pertama ini dicetak sebanyak 200 eksemplar, yang ditujukan sebagai suvenir bagi tamu-tamu kehormatan Gubernur NTT Frans Lebu Raya, yang juga hadir di peluncuran buku ini. « [teks @bartno | foto dok. Alor Underwater untuk Ghiboo]

Alor Underwater_Dewi Wilaisono
Foto karya Dewi Wilaisono
SHARE